Ribuan Bungkus Komix Ditemukan di Gelora Pendopo Kabupaten PALI, Pertanda Apa Ini

Ribuan sachet sirup obat batuk ditemukan di bawah Tribun Gelora November Kabupaten PALI, Sumsel.

PALI, Sumselupdate.com – Penyalahgunaan sirup obat batuk Komix rupanya masih marak terjadi di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan.

Terbukti hasil penelusuran awak media di Lapangan Gelora November Komplek Pertamina Pendopo, masih banyak ditemukan bungkus obat batuk ini di bawah tribun penonton.

Bacaan Lainnya

Tampak di beberapa lokasi juga terdapat beberapa bungkus yang berserakan di area lapangan.

Maraknya penyalahgunaan ini membuat keprihatinan beberapa tokoh di Kabupaten PALI. Mereka meminta Pemkab segera menindak salah satu bentuk kenakalan remaja ini.

Seperti disampaikan Ketua KNPI PALI M Anasrul, yang meminta pihak terkait untuk sama-sama memberantas penyalahgunaan sirup obat batuk tersebut.

“Makanya, KNPI selalu menghadirkan program dan kegiatan yang positif. Salah satu tujuannya untuk meminimalisir dan mencegah hal negatif dilakukan oleh remaja,” ungkapnya.

Namun menurut Anas, apa yang telah mereka lakukan tersebut tidaklah cukup. Sebab meski upaya persuasif dan preventif telah dilakukan, perilaku menyalahgunakan obat tersebut tidak berhenti.

“Sepertinya upaya yang perlu sebuah punishmen terhadap pelaku penyalahgunaan sirup obat batuk, sehingga nantinya akan muncul efek jera,” jelas Anas.

Upaya pencegahan pun harus dilakukan sejak dini. Pasalnya yang menyalahgunakan sirup obat batuk biasanya di kalangan remaja dan pelajar.

“Tahun 2017 sempat mencuat dan saat itu Satpol PP PALI serta kepolisian gencar merazia remaja dan pelajar, dan hasilnya pengguna penyalahgunaan sirup obat batuk, miras serta lem aibon berkurang,” ungkap Anas.

Dikatakan Anas bahwa imbas dari fenomena mabuk komix selain merusak generasi muda juga membuat lingkungan tidak bersih dengan banyaknya sampah bekas bungkus sirup obat batuk serta lem aibon.

“Sarana umum seperti tribun Gelora jadi kotor, padahal lapangan itu jadi salah satu icon PALI dan Pertamina. Untuk itu, kami berharap pihak terkait termasuk Pertamina harus aktif kembali melakukan patroli rutin, terutama disekitar lokasi yang biasa dijadikan ajang pesta miras atau penyalahgunaan sirup obat batuk dan lem aibon,” pintanya.

Terpisah, Ferry Prasetyo Ast Manager LR PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field menyebut bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya untuk bekerjasama dalam memelihara aset negara yang dikelola Pertamina Pendopo.

“Salah satunya meningkatkan patroli bersama, dan untuk pembersihan tribun Gelora, kita bakal membuat program Jumat bersih agar sampah bekas bungkus komix, aibon atau botol miras tidak terlihat lagi di seputaran lapangan Gelora,” ucapnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.