Relawan Uji Klinis Vaksin Sinovac Sudah Mencapai 1.541 Orang

Ilustrasi vaksin Foto: Shutterstock

Bandung, Sumselupdate.com – Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 Eddy Fadlyana memastikan sudah 1.541 relawan yang terdaftar hingga Jumat (14/8/2020). Ia melaporkan sejauh ini sekitar 120 relawan yang telah disuntikkan kandidat vaksin COVID-19 dari Sinovac.

Eddy mengatakan penyuntikan pertama kali diberikan kepada 21 relawan di RSP FK Unpad di Jalan Eyckman, Sukajadi , Kota Bandung pada 11 Agustus lalu. Penyuntikan ini disaksikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat tinggi negara.

Bacaan Lainnya

Berselang dua hari, penyuntikan kembali dilakukan pada Jumat (14/8/2020) kepada sekitar 100 relawan yang tersebar di lima titik, yakni Puskesmas Dago, Puskesmas Sukapakir, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, dan Puskesmas Ciumbuleuit.

“Sekitar 120-an lah. Pas Pak Jokowi datang ada 21 yang disuntik. Rabu nggak ada. Kamis nggak ada,” kata dia seperti dilansir Detikcom, Jumat (14/8).

Eddy mengatakan, 120 orang yang telah menerima calon vaksin akan kembali disuntik pada fase kedua, yaitu pekan depan. Setelah itu, ujarnya kesehatan relawan akan terus dipantau untuk memastikan tidak ada keluhan atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang negatif.

Tenaga Laboratorium Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Sunaryati Sudigdoadi mengatakan pada penelitian ini subjek atau relawan akan melakukan lima kali tahapan dan kunjungan ke tempat penyuntikan vaksin yang terbagi ke enam lokasi.

Sebelumnya, uji klinis vaksin ini ditargetkan kepada 1.620 relawan yang berdomisili di Kota Bandung. Selain itu relawan juga harus sehat dan bebas dari COVID-19.(dtc/adm5)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.