Ratusan Pengungsi Wamena Tiba di Makassar

Makassar, Sumselupdate.com – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah memastikan, anak-anak pengungsi usia sekolah dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, diberi jaminan kemudahan masuk sekolah.

“Selama ada di sini (Sulsel), anak-anak mudah masuk sekolah, tidak akan dipersulit,” kata Nurdin Abdullah didampingi pejabat Walikota Makassar Iqbal Suaeb.

Bacaan Lainnya

Kata Nurdin Abdullah, dari bincang-bincang dengan warga pengungsi itu, mereka punya rencana akan kembali lagi ke Wamena suatu hari karena mereka punya aset di sana.

“Nanti proses pemulangannya juga akan diatur. Yang terpenting saat ini adalah obati dulu traumanya,” kata Nurdin Abdullah dikutip dari laman CNNIndonesia.com.

Dikatakan, jumlah pengungsi yang tiba hari ini melalui pintu masuk pelabuhan sebanyak 535 orang baik dewasa maupun anak-anak.

Sebanyak 209 orang diantaranya orang Sulsel dari berbagai daerah, 139 orang Minang, Sumatera Barat. Sisanya asal Poso, Sulawesi Tengah.

Bagi yang orang Minang langsung dijemput oleh warga Minang di Sulsel yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulsel dan ditampung di rusunawa kampus Unismuh Makassar yang akan melanjutkan perjalanan besok melalui bandara internasional Sultan Hasanudin.

Lainnya diarahkan ke asrama haji menunggu jemputan keluarga masing-masing atau dibantu proses pemulangannya ke kampung halaman jika tak ada keluarga yang menjemput.

Tapi sebelum pengungsi ini menyebar, mereka terlebih dahulu didata serta diberi makan dan minum. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.