Advertorial: Rangkaian Gelaran Peda KTNA ke-15 di OKU Timur, Enos Sabet Dua Rekor Muri

Rabu, 10 Mei 2023
Rangkaian Gelaran Peda KTNA ke-15 di OKU Timur, Enos Sabet Dua Rekor Muri

Martapura, Sumselupdate.com – Pembukaan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) ke XV yang terpusat di Bumi Sebiduk Sehaluan berlangsung sukses.

Perhelatan dua tahunan dan diikuti 17 Kabupaten/Kota se Sumsel tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel, H, Herman Deru yang didampingi juga oleh Bupati OKU Timur Ir. H, Lanosin ST. Bertempat di Lapangan KONI Gumawang. Rabu, (10/5/2023).

Bacaan Lainnya

Ajang yang melibatkan pelaku tani dan nelayan ini tak lain bertujuan untuk berbagi informasi tentang seputar pertanian. Baik teknologi pertanian hingga hasil produksi dari pertanian di daerah masing-masing. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H, Lanosin, ST dalam sambutannya.

Rangkaian Gelaran Peda KTNA ke-15 di OKU Timur, Enos Sabet Dua Rekor Muri

“Ini merupakan wadah silaturahmi, tukar informasi, promosi hasil pertanian dan juga menumbuhkembangkan minat pemuda untuk mencintai dunia pertanian,” ujar orang nomor satu di Bumi Sebiduk Sehaluan itu.

Pada momen itu, Enos juga mengutarakan rasa bangganya jika Kabupaten yang dikenal sebagai salah satu daerah lumbung pangan yang dipimpin dirinya menjadi tuan rumah untuk perhelatan akbar dua tahunan itu.

Rangkaian Gelaran Peda KTNA ke-15 di OKU Timur, Enos Sabet Dua Rekor Muri

Tak disitu saja, rasa bangganya juga diawali dengan menyabet dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan katagori 100 alat asal cair dan sajian klanting terbanyak.

“Hari ini kita berhasil membuat Rekor MURI asap cair 100 alat yang telah dilaksanakan di BK 9, semoga dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya. Lalu, rekor MURI lainnya yaitu sajian klanting terbanyak, untuk membantu UMKM penjual klanting. Saya harap kita mampu memberikan kontribusi yang optimal untuk membantu pertanian di bumi kita ini”, kata Bupati Enos.

Suksenya gelaran akbar yang dilaksanakan di Kabupaten OKU Timur ini juga langsung mendapat apresiasi dari Gubernur Sumsel, H, Herman Deru. Dirinya menyebutkan, jika Kabupaten OKU Timur sangat komitmen dalam mempersiapkan perhelatan yang dihadiri oleh seluruh daerah se Sumsel.

Rangkaian Gelaran Peda KTNA ke-15 di OKU Timur, Enos Sabet Dua Rekor Muri

“Saya bangga, begitu siapnya tuan rumah, ini menandakan komitmen masyarakat dan pemerintah OKU Timur memang luar biasa untuk pertanian,” ungkap Herman Deru.

Pada kesempatan itu juga, dihadapan 17 kepala daerah yang hadir dirinya berpesan supaya tidak menyiakan waktu yang terbilang singkat tersebut. Menurutnya, kesempatan ini tak hanya sebatas pertemuan saja, namun terlebih bagaimana memecahkan permasalahan dalam dunia pertanian.

“Kita ketahui permasalahan pertanuan di setiap kabupaten kota pasti berbeda-beda, untuk itu jangan siakan waktu,” imbuhnya.

Rangkaian Gelaran Peda KTNA ke-15 di OKU Timur, Enos Sabet Dua Rekor Muri

Dirinya sangat optimis dalam menekan losis untuk meningkatkan produksi. Dimana target yang dicapai saat ini maksimal 5% saja. Oleh karenanya, pemprov Sumsel melahirkan inovasi GSMP.

“KIta harus kerja keras mengubah mainset masyarakat dari konsumtif menjadi produktif, dari membeli menjadi menghasilkan sendiri. Kita sama sama memohon ridho Allah SWT semoga PEDA KTNA ini dapat menghasilkan pemikiran untuk kemajuan pertanian di Sumatera Selatan,” harapnya.

Terlihat hadir dalam acara tersebut Bupati/Walikota se-Sumsel, Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Ketua KORMI Sumsel, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Sumsel, Anggota DPRD OKU Timur, Kepala OPD Provinsi Sumsel, Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus Kabupaten OKU Timur dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab OKU Timur. (adv)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.