Program Tilang Elektronik Belum Berjalan, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Sumsel

Direktur lalu lintas Polda Sumsel Kombes Pol CF Hotman Sirait.

Laporan: Andika Pratama

Palembang, Sumselupadet.com – Wacana program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik terhadap pengendara di Kota Palembang yang disempat diuji coba Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) belum sepenuhnya terlaksana.

Read More

Hingga kini baru dua kamera yang baru terpasang masing-masing di depan Markas Korem 044/Gapo dan di Simpang Lima DPRD Sumsel.

Direktur lalu lintas Polda Sumsel Kombes Pol CF Hotman Sirait mengatakan, pihaknya masih menanti jadwal program ETLE untuk bisa segera di-launching di Sumsel.

“Memang saat ini baru dua kamera yang dipasang untuk uji coba (ETLE). Diharapkan di akhir tahun ini nanti bisa (dipasang) lengkap di sembilan titik yang sudah ditentukan,” ujarnya, Kamis (28/10/2021).

Hotman menyebut dua kamera yang sudah dipasang saat ini terus dalam keadaan hidup untuk merekam aktivitas pengendara.

Sembari menunggu launching ETLE, pengemudi yang terekam melanggar ketentuan lalu lintas belum dikenakan denda. dikarenakan sampai saat ini masih dalam masa uji coba.

Disinggung apakah program ETLE di Palembang mangkrak, Hotman menampik hal itu.

Menurutnya sistem ini merupakan kebijakan Kapolri di era polisi 4.0 sehingga harus terus berjalan.

“Program ETLE ini didukung oleh pemerintah daerah. Harapannya juga ada dukungan dari kabupaten/kota, karena ini semata-mata untuk meningkatkan kesadaran dan tertib dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.