Pria Tewas Ditembak di Kebun Karet Bikin Geger Warga Lembak Muaraenim, Polisi Gerak Cepat

Kondiai korban saat ditemukan

Laporan: Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com — Warga Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) digegerkan dengan penemuan sesosok pria tewas berlumuran darah di kebun karet  tepatnya di Jalan lintas Lembak-Tapus, Kecamatan Lembak pada Minggu (18/10/2020) sekitar pukul 07.00 Wib.

Bacaan Lainnya

Belakangan diketahui korban bernama Heru (35), warga Dusun III, Desa Lembak, Kabupaten Muaraenim.

Heru yang kesehariannya bekerja sebagai petani karet di kebun miliknya sendiri itu ditemukan warga sudah terkapar mandi darah di dekat sepeda motonya dalam kondisi mengenaskan.

Saat pertama kali ditemukan di bagian leher korban, didapati luka berlubang seperti bekas terkena tembakan senjata api.

Menurut keterangan warga bernama  Wario dan Painem,  sekitar pukul 07. 15 Wib, mereka hendak pergi ke kebun karet.

Keduanya terkejut dengan adaya mayat laki-laki yang belum diketahui identitasnya tergeletak bersimbah darah di kebun karet miliknya di Jalan Pialing, Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim.

Atas penemuan tersebut, warga langsung melaporkan kejadian tersebut ke petugas Polsek Lembak.

Kapolres Muaraemim AKBP Donny Eka Saputra melalui Kapolsek Lembak Iptu Desi Azhari, SH, MSi mengungkapkan, setelah menerima laporan warga, pihaknya langsung memerintahkan anggota piket SPK dan Unit reskrim untuk segera datang dan melakukan olah TKP.

Setelah olah TKP, anggota Polsek Lembak langsung mengevakuasi jasad korban ke RSUD Prabumulih untuk divisum.

‘Dari hasil olah TKP dan hasil visum korban diduga telah dibunuh dengan cara ditembak lehernya menggunakan senjata api diduga berjenis senapan,” kata Desi.

Pihaknya pun segera melakukan penyelidikan terhadap kasus ni, dab berhasil mengungkap identitas pelaku.

Pada pukul 09.00 Wib, Kanit Reskrim Aipda Surmiyadi mendapatkan informasi keberadaan orang yang diduga menjadi pelaku pembunuhan tersebut.

Kemudian,  sekitar pukul 09.15 Wib. Kapolsek Lembak Iptu Desi Azhari, SH.M.Si. dan Kanit Reskrim beserta anggota berhasil mengamankan pelaku di rumahnya tanpa perlawanan.

Tersangka disergap di Dusun III, Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim. Pelaku diketahui bernama Diki Destiana bin Sudirman (30).

Pelaku Diki Destiana saat diamankan

Dalam penangkapan itu, petugas mengamankan barang bukti berupa satu pucuk senapan angin merk Sharp Innova dan satu lembar baju yang digunakan oleh korban.

Diungkapkan pelaku, kejadian bermula dari cekcok antara korban dan pelaku pada hari Sabtu, tanggal 17 Oktober 2020, karena pelaku selalu ditantang berkelahi oleh korban.

Pada hari ini Minggu, 18 Oktober 2020, sekitar  pukul 07.00 Wib, pelaku mendatangi korban bertempat di kebun milik korban di Jalan Pialing, Desa Lembak, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim.

Barang bukti yang diamankan.

Setiba di TKP, pelaku dan korban kembali terlibat cekcok mulut. Menurut pelaku, saat itu korban sempat mengacungkan parang miliknya kepada pelaku.

Tersangka mengaku melihat korban mengacungkan parang, dengan spontan menembak korban pada bagian leher sebanyak satu kali. Setelah itu pelaku langsung meninggalkan korban di TKP tersebut.

Kini tersangka telah diamankan di Mapolsek Lembak dan pelaku dijerat dengan pasal pembunuhan berencana sesuai pasal 338 Jo 340 KUHP. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.