Praperadilan, Kuasa Hukum Sebut Sakim Hanya Mencari Keadilan

Palembang, sumselupdate.com – Demi mencari keadilan terkait penetapan tersangka Sakim Nanda, melalui kuasa hukumnya praperadilakan terkait hal tersebut.

Usai sidang Ahli pidana Dr Ahmad Yulianto Iksan SH MH, mengatakan bahwa, bagaimana melihat perkara ini, bahwa dua alat bukti permulaan itu tidak sah.

Bacaan Lainnya

“Saya tidak punya kewenangan sah atau tidaknya, tapi kelihatan memang ada beberapa bukti yang tidak relevan dengan perkara ini. Jadi, sah tidakkan nanti hakim yang menentukan,” catusnya.

Ia menegaskan, tapi ketidak relevanan terlihat misalnya, putusan Santoso itu tidak ada deklarasi di dalam putusan itu AJB 050 itu tidak sah, tidak ada itu. Berarti, tidak relevan itu sebagai alat bukti.

Ditetapkannya, Sakim Nanda sebagai tersangka, sementara dia menggadaikan tanah atas namanya sendiri, artinya tidak ada masalah.

“Dari kacamata hukum tidak ada masalah, kemudian penyitaan itu bermasalah. Karena barang-barang kita, kita dapatkan secara sah tidak ada persekongkolan jahat, kita gadaikan. Penyitaan ini bermasalah juga,” tegasnya.

Sementara itu kuasa hukum Sakim, Jus Sunardi Irawan SH MH, menyampaikan, persidangan pra peradilan tadi, untuk hasil penanganan sekarang, bahwa penyitaan sertifikat ini illegal, tidak sah. Karena, kepemilikan sertifikat atas nama Sakim belum dibatalkan oleh putusan pengadilan, jadi sah miliknya.

“Soal pinjam dan gadai sertifikat tanah itu menjadi hak Sakim, karena itu masih miliknya. Jadi waktu BAP, saksi Apat atau Robi hartono mengatakan dia hanya meminjam uang, jadi itu hanya satu saksi, Apat dengan sendirinya tidak relevan, hanya meminjamkan uang. Maka, dijadikannya sakim tersangka dan penyitaan itu tidak sah. Makanya, kami mengajukan pra peradilan,” tukas Jus Sunardi.

Sebelumnya, Pengajuan praperadilan oleh pemohon sendiri diajukan pada tanggal 13 Juni 2022, nomor 16/Pid.pra/2022/PN.Plg.

Terhadap penetapan pemohon Sakim Nanda sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana penadahan sebagaimana dalam Pasal 480 KUHP di Polrestabes Palembang. (Ron) 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.