Prakiraan Cuaca Sumsel Senin 13 November 2023: Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang di Wilayah ini

Penulis: - Senin, 13 November 2023
Ilustrasi Cuaca Buruk

Palembang, Sumselupdate.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Sumsel untuk Senin 13 November 2023.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang-sore hari di wilayah OKI, Banyuasin dan Pagar Alam.

Bacaan Lainnya

Pada malam-dini hari di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, Muara Enim, PALI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Lahat, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara juga akan berpotensi hujan.

Menurut BMKG, kondisi cuaca di wilayah Sumsel ini dipengaruhi oleh adanya pertemuan angin monsun Asia dan angin monsun Australia yang membawa kelembapan tinggi.

Selain itu, adanya gelombang atmosfer di wilayah Sumatera juga berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan.

Berikut adalah prakiraan cuaca di 17 kota/kabupaten di wilayah Sumsel, Senin 13 November 2023, berdasarkan data BMKG:

Di wilayah Baturaja, Indralaya, Kayu Agung, Martapura, Muara Rumpit, Pangkalan Balai, Prabumulih, Sekayu, dan Talang Ubi, cuaca akan berawan pada siang hari, dengan suhu berkisar antara 24-35°C dan kelembapan antara 50-95%.

Pada malam hari, sebagian besar wilayah tersebut akan mengalami hujan ringan, kecuali Indralaya, Martapura, Prabumulih, Sekayu, dan Talang Ubi yang akan mengalami hujan petir.

Pada dini hari, cuaca akan berawan, kecuali Kayu Agung dan Palembang yang akan mengalami kabut.

Di wilayah Lahat, Muaradua, Musirawas, dan Tebing Tinggi, cuaca akan hujan ringan pada siang hari, dengan suhu berkisar antara 22-34°C dan kelembapan antara 55-100%.

Pada malam hari, cuaca akan berawan, kecuali Lahat yang akan mengalami hujan petir. Pada dini hari, cuaca akan hujan ringan, kecuali Lahat yang akan mengalami hujan petir.

Di wilayah Lubuk Linggau, cuaca akan hujan petir pada siang hari, dengan suhu berkisar antara 19-31°C dan kelembapan antara 65-100%. Pada malam hari, cuaca akan hujan ringan. Pada dini hari, cuaca akan berawan.

Di wilayah Muara Enim, cuaca akan cerah berawan pada siang hari, dengan suhu berkisar antara 24-35°C dan kelembapan antara 50-95%. Pada malam hari, cuaca akan hujan ringan. Pada dini hari, cuaca akan hujan petir.

Di wilayah Pagar Alam, cuaca akan berawan pada siang hari, dengan suhu berkisar antara 22-33°C dan kelembapan antara 55-100%. Pada malam hari, cuaca akan hujan ringan. Pada dini hari, cuaca akan hujan petir.

Di wilayah Palembang, cuaca akan berawan pada siang hari, dengan suhu berkisar antara 24-35°C dan kelembapan antara 50-95%. Pada malam hari, cuaca akan hujan petir. Pada dini hari, cuaca akan kabut.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan oleh cuaca ekstrem, seperti banjir, tanah longsor, genangan, pohon tumbang, dan gangguan transportasi. Selalu update informasi cuaca terkini dari BMKG melalui website, aplikasi, media sosial, atau call center.(**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.