Potongan Kepala Pelaku Bunuh Diri Ditemukan, Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi

Foto didapat langsung dari polisi oleh Hermawan Mappiwali dan Muhammad Taufiqqurrahman (Foto: dok istimewa)

Makassar, Sumselupdate.com Potongan kepala diduga bomber atau pelaku bunuh diri di depan  Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditemukan polisi. Ini penampakan wajah terduga pelaku itu.

Dari foto yang diperoleh detikcom, tampak rambut bomber yang berjenis kelamin laki-laki itu berantakan. Ada darah yang mengering keluar dari hidung serta mulutnya.

Read More

“Iya (ditemukan potongan kepala pelaku bomber) itu memang hasil olah TKP (tempat kejadian perkara) demikian ya,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan kepada detikcom, Minggu (28/3/2021).

Kombes Zulpan mengatakan potongan kepala milik terduga bomber tersebut ditemukan di atap sebuah bangunan yang lokasinya tepat di samping Gereja Katedral Makassar.

“Itu memang ditemukan di atap bangunan di samping gereja. Jadi di samping gereja ada bangunan,” jelas Zulpan.

Peristiwa memilukan itu terjadi selepas Misa Minggu Palma di Gereja Katedral Makassar yang beralamat di Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan ada dua terduga pelaku yang mengendarai satu unit motor matic.

“Jadi setelah kita lakukan cek TKP kemudian kita mencari beberapa informasi yang berkaitan dengan ledakan tadi memang kita mendapatkan informasi bahwa ada dua orang yang berboncengan menggunakan kendaraan roda dua,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan, Minggu (28/3).

Diketahui, ledakan terjadi pada pukul 10.28 Wita. Saat ledakan terjadi, sejumlah jemaat gereja tengah beribadah di lokasi.

Selain potongan tubuh manusia, di lokasi kejadian saat ini tampak sejumlah korban luka dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit.

Sementara itu, malam ini Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung lokasi bom bunuh diri di Makassar. Keduanya saat ini sedang meninjau kondisi Gereja Katedral Makassar.

Pantauan detikcom, Pukul 20.55 WITA, Minggu (28/3/2021), rombongan Panglima TNI dan Kapolri tiba di lokasi bom bunuh diri.

Lokasi yang pertama ditinjau adalah tempat terduga pelaku meledakkan diri. Setelahnya mereka masuk ke dalam Gereja Katedral.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md menyampaikan kabar terkini seputar ledakan bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. Mahfud mengabarkan dua pelaku bom bunuh diri tewas.

“Peristiwa ini sampai sekarang tercatat mengakibatkan 2 orang yang diduga pelaku bom bunuh diri tewas,” ujar Mahfud dalam konferensi pers, Minggu (28/3/2021).

Selain itu, Mahfud juga mengabarkan sejumlah jemaat dan pihak keamanan Gereja Katedral Makassar terluka. Totalnya ada sekitar 20 orang.

“Sampai berita terakhir sore ini sekitar 20 orang masyarakat dan petugas keamanan Gereja Katedral luka sehingga mereka ini dirawat di rumah sakit,” jelas Mahfud.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Zulpan mengatakan pihaknya masih belum bisa berbicara lebih jauh soal keterkaitan penangkapan teroris di Makassar pada Januari lalu dengan peristiwa hari ini.

“Kita fokus pada dengan TKP memastikan karena masih ada ceceran tubuh sih untuk diidentifikasi” kata dia.

“Sementara dipastikan pelaku bom bunuh diri laki laki,” imbuhnya. (dtc)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.