Portugal Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2024 Setelah Kalahkan Turki 3-0

Penulis: - Minggu, 23 Juni 2024
Gelandang Timnas Portugal, Bruno Fernandes (kanan) merayakan golnya bersama penyerang Cristiano Ronaldo pada laga Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman yang rampung Minggu (23/6/2024) dini hari WIB. [INA FASSBENDER / AFP]
Gelandang Timnas Portugal, Bruno Fernandes (kanan) merayakan golnya bersama penyerang Cristiano Ronaldo pada laga Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman yang rampung Minggu (23/6/2024) dini hari WIB. [INA FASSBENDER / AFP]

Dortmund, Sumselupdate.com — Timnas Portugal berhasil melaju ke babak 16 besar Euro 2024 setelah mengalahkan Timnas Turki dengan skor meyakinkan 3-0 pada matchday kedua Grup F di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman. Pertandingan ini selesai pada Minggu (23/6/2024) dini hari WIB.

Kemenangan Portugal diperoleh melalui gol dari Bernardo Silva, gol bunuh diri oleh pemain Turki Samet Akaydin, dan gol tambahan dari Bruno Fernandes. Hasil ini memastikan Portugal memimpin klasemen sementara Grup F Euro 2024 dengan 6 poin dari dua pertandingan, sementara Turki berada di posisi kedua dengan 3 poin.

Bacaan Lainnya

Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2024 meski fase grup masih menyisakan satu matchday lagi.

Di Dortmund, pada babak pertama, Portugal mengambil inisiatif menyerang terlebih dan menciptakan peluang lewat sundulan Cristiano Ronaldo yang masih menyamping dari gawang Turki.

Portugal akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-21 lewat tendangan kaki kiri Bernardo Silva sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Sukses unggul terlebih dahulu, Portugal semakin bersemangat menekan lini pertahanan Turki dan kembali menciptakan peluang lewat tendangan Bruno Fernandes yang masih menyamping dari gawang Turki.

Portugal mampu menambah keunggulannya menjadi 2-0 setelah pemain Turki Samet Akaydin melakukan gol bunuh diri karena koordinasi yang buruk dengan kiper Altay Bayindir pada menit ke-28.

Selanjutnya Turki berusaha bangkit dan berbalik memberikan ancaman lewat tendangan Kerem Akturkoglu yang masih dapat dihalau kiper Portugal Diogo Costa.

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim saling melakukan jual beli serangan, namun hingga turun minum tak ada gol yang tercipta sehingga skor 2-0 untuk keunggulan Portugal tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Turki berupaya untuk memperkecil ketertinggalannya, namun kembali kebobolan karena kesalahan lini belakangannya lewat gol Fernandes yang memanfaatkan umpan Ronaldo sehingga skor berubah menjadi 3-0 pada menit ke-56.

Selanjutnya Turki berbalik memberikan ancaman lewat tendangan dari luar kotak penalti Orkun Kokcu, akan tetapi bola dapat diamankan oleh Diogo Costa.

Turki kembali berusaha untuk membobol gawang Portugal, kali ini lewat tendangan Kenan Yildiz, namun bola masih melambung jauh dari gawang.

Skuad asuhan Vicenzo Montella terus berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya dan Portugal sesekali melancarkan serangan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 3-0 untuk Selecao das Quinas –julukan Timnas Portugal– tetap bertahan.

Selanjutnya, Portugal akan menghadapi Georgia pada pertandingan terakhir Grup F Euro 2024 pada 27 Juni, sedangkan Turki akan melakoni partai hidup mati kontra Republik Ceko di waktu yang bersamaan.(src)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.