Polsek Muara Telang Tangkap Pencuri Koper Berisi Rp450 Juta Milik Warga Jalur 8

Senin, 18 September 2023
Pelaku pencurian dan barang bukti diamankan polisi.

Laporan; Arie Idwan Sujana

Banyuasin, Sumselupdate.com – Polsek Muara Telang berhasil ungkap pembobolan rumah bos di Jalur 8 Jembatan 6 Desa Telang Karya, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, yang mencuri satu buah koper berisi uang Rp450 Juta, Jumat (15/09/2023).

Bacaan Lainnya

Dimana Unit Reskrim Polsek Muara Telang berhasil tangkap pelaku yakni Wiranto (23) warga desa Desa Karang Baru, Kecamatan Sumber Marga Telang, Banyuasin yang di tangkap di persembunyiannya di kota Palembang.

Tokei yang menjadi korban yakni Titin Yati (50) warga Jalur 8, Jembatan 6, Desa Telang Karya, Kecamatan Muara Telang Banyuasin.

“Pelaku kita amankan di wilayah Keramasan Kertapati, Palembang, Jumat malam tanpa perlawanan,” kata Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra melalui Kapolsek Muara Telang Iptu Lukman Hartono SH.

Namun dari penangkapan terhadap Wiranto, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Muara Telang hanya berhasil mengamankan barang bukti berupa Rp91.400.000 sisa hasil kejahatan, dan satu unit sepeda Motor Kawasaki Ninja 250 CC dan Handphone.

“Langsung kita bawa ke Mapolsek Muara Telang, untuk pemeriksaan lebih lanjut,” bebernya.

Iptu Lukman Hartono SH menyebut dalam aksinya pelaku sendirian, dan menggunakan penutup kepala atau  sebo untuk menghilangkan jejak.

“Pakai penutup kepala saat beraksi,” tuturnya.

Pelaku melakukan aksinya pada Jumat dinihari Wiranto menyelinap masuk dengan mencongkel kaca ventilasi kamar, sehingga dengan leluasa masuk kedalam kamar.

“Pelaku mengobrak-abrik isi kamar, dan mendapatkan uang senilai Rp450 juta di dalam tas koper, “jelasnya.

Usai itu pelaku langsung kabur, beserta dengan barang curian itu ke wilayah Palembang. Namun saat kabur tersebutlah aksi Wiranto terekam kameranya pengawas.

Dengan bukti CCTV itu, pihaknya mendapatkan petunjuk dan berhasil menangkap pelaku di wilayah Kertapati Palembang oleh Kanit Reskrim Ipda Maruba B Sihombing, SH dan anggota Opsnal.

“Motif pelaku mencuri, karena membutuhkan uang,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, Wiranto disangkakan melanggar pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun kurungan. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.