Polres OKU Selatan Kembali Buka Layanan Registrasi SIM Online

Salah satu warga usai membuat SIM di Satlantas Polres OKU Selatan

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Masyarakat OKU Selatan patut berbangga. Pasalnya, saat ini berbagai kemudahan yang diberikan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia khususnya di Wilayah hukum Polres OKU Selatan untuk mendapatkan SIM (surat izin mengemudi) pada tahap pengisian data atau Registrasi pembuatan SIM sudah bisa dilakukan secara online.

Bacaan Lainnya

Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap, S.IK melalui Kasatlantas Polres OKU Selatan AKP. I Ketut Bagia memaparkan, layanan pendaftaran atau Registrasi data secara online oleh masyarakat OKU Selatan untuk mengurus pembuatan SIM sudah bisa digunakan.

“Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, SIM (Surat Izin Mengemudi) wajib dimiliki bagi seseorang yang mengemudikan kendaraan di jalan raya,” urainya..

Kemudahan ini, lanjutnya, peruntukan semata-mata guna memperlancar masyarakat. “Artinya kalau layanan ini sudah bisa diakses secara online kita tidak perlu antri panjang apa lagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, ” kata kasat.

Adapun layanan SIM online yang bisa digunakan diantaranya untuk pendaftaran SIM baru maupun perpanjangan SIM. Namun, tidak semua golongan SIM dapat diproses dari layanan online ini, melainkan terbatas. Layanan online ini hanya diperuntukan untuk pemohon pembuatan SIM A dan SIM C.

“Sebenarnya program ini sudah kita mulai sejak 2019 lalu namun masyarakat masih kurang mendapatkan informasi terkait hal ini dan sementara ini tercatat baru 14 (empat belas) orang yang sudah melakukan pengisian atau Registrasi secara online,”imbuhnya

Selanjutnya sambung Kasat, ada beberapa cara atau tahapan dalam mengajukan registrasi SIM secara online diantaranya sebagai berikut

“Pertama masyarakat bisa mengakses situs resmi Polri di laman http://sim.korlantas.polri.go.id dan pilih menu ‘Pendaftaran SIM Online Klik tombol ‘Mulai’, setelah itu akan muncul menu ‘Data Permohonan’. Isikan data-data yang ada dengan benar kemudian Klik ‘Lanjut’, lalu isi data pribadi termasuk kewarganegaraan, nomor KTP, nama, jenis kelamin, hingga nomor telepon,” urainya.

Lalu, sambungya, masyarakat mengisi data keadaan darurat yang dapat dihubungi. Selain itu, tersedia pula kolom data validasi yang harus mencantumkan nama ibu kandung, juga data sertifikasi sekolah mengemudi yang bisa diisi ‘ya’ atau ‘tidak’.

“Kemudian isi seluruh data yang dibutuhkan. Pastikan data yang dimasukan benar. Lalu klik tombol ‘Lanjut’, dan akan muncul menu konfirmasi data input sesuai data yang dimasukan pada proses cara membuat SIM online sebelumnya,” tambahnya.

Selanjutnya, pada menu di atas akan ada Metode Pembayaran PNBP kemudian ada kolom tanggal kedatangan yang bisa dipilih sesuai waktu yang diinginkan untuk datang ke Polres atau Satpas lokasi kedatangan yang sudah dipilih sebelumnya kemudian selanjutnya isi kode verfikasi kemudian klik tombol ‘kirim’,”.

“Setelah mengikuti cara membuat SIM online, akan muncul tampilan sukses registrasi. Klik ‘Ok’ dan proses di aplikasi SIM Online Selesai,  Anda tinggal datang ke Satpas yg sudah di pilih dan membawa bukti registrasi dan Pembayaran PNBP Online yg sudah di kirim ke email kita berikut membawa KTP dan Surat keterangan Kesehatan,” tutup Kasatlantas Polres OKU Selatan AKP. I Ketut Bagia. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.