Pokdarwis Selama Pagaralam Jajaki Sungai Selangis Untuk Wisata Air Arung Jeram

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Selangis Maju Bersama (Selama) Desa Talang Sawah, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam mulai menggali potensi Sungai Selangis Kecik yang berada di desa tersebut untuk menjadi salah satu wahana wisata di Kota Pagaralam.

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Selangis Maju Bersama (Selama) Desa Talang Sawah, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam mulai menggali potensi Sungai Selangis Kecik yang berada di desa tersebut untuk menjadi salah satu wahana wisata di Kota Pagaralam.

Read More

Jika selama ini Sungai Selangis Kecik tersebut hanya digunakan untuk mengairi sawah saja.

Saat ini para pemuda sekitar mulai menjadikan sungai tersebut menjadi lokasi wisata air arung jeram.

Kondisi air sungai yang tidak begitu deras dan besar membuat sungai ini cocok dijadikan lokasi arung jeram untuk keluarga.

Pasalnya tingkat kesulitan sungai ini berada di posisi medium.

Bahkan selain untuk fun arung jeram, sungai ini juga bisa dijadikan untuk wahana tubing bagi wisatawan.

Pokdarwis Selama Desa Talang Sawah, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam mulai menggali potensi Sungai Selangis Kecik yang berada di desa tersebut untuk menjadi salah satu wahana wisata di Kota Pagaralam.

Ari Cikupa salah seorang anggota Pokdarwis Selama mengatakan, Pagaralam memiliki banyak sungai dengan tingkat kesulitan yang beragam untuk rafting atau arum jeram.

“Jika selama ini hanya Sungai Lematang dan Selangis Besak yang menjadi lokasi arum jeram dengan tingkat kesulitan tinggi dan hanya dipakai untuk para atlet,” ujarnya.

Kali ini Pokdarwis Selama menjadikan Sungai Selangis Kecik menjadi lokasi fun rafting bagi para wisatawan yang ingin merasakan wisata air arung jeram.

“Di sini sungainya tidak terlalu deras dan cocok untuk arung jeram bagi keluarga. Jadi wisatawan bisa mengajak anak-anak untuk ikut bermain rafting,” katanya.

Dijelaskan Ari, untuk bisa bermain rafting di Sungai Selangis Kecik ini, Pokdarwis Selama memungut biaya Rp100 ribu  per orang dengan fasilitas snack dan makan siang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam Brilian Aristopani mengatakan, kesadaran masyarakat membaca peluang wisata di Pagaralam saat ini mulai banyak. Hal ini sangat didukung oleh pemerintah.

“Ini akan membuat geliat wisata di Pagaralam semakin baik dengan banyaknya wahana permainan atau sport tourism yang dibuat oleh masyarakat Pagaralam secara mandiri,” ungkapnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.