PNS Boleh Mudik, Asal…

Ilustrasi Mudik

Jakarta, Sumselupdate.com – Pemerintah melarang PNS mudik untuk menekan penyebaran virus Corona ke daerah. Namun, dalam keadaan tertentu yang memaksa, PNS masih diperbolehkan mudik.

Apa saja syarat? Pertama, PNS harus mengajukan cuti untuk kepentingan mendesak, dan disetujui atasannya.

Bacaan Lainnya

“Kalau mau mudik atau bepergian keluar daerah dalam keadaan terpaksa, bisa dapat izin atasan langsung, itu diperbolehkan ke luar daerah. Jadi itu harus ajukan cuti dalam keadaan penting dahulu,” kata Haryomo seperti dikutip dari laman Detikcom, Senin (27/4/2020).

Dengan mengantongi surat cuti, PNS boleh melakukan mudik. Haryomo menegaskan semua keputusan kembali kepada atasan PNS yang bersangkutan.

“Paling penting harus mengantongi izin dari atasan,” tegas Haryomo.

Kedua, harus membuktikan kondisi mendesak di kampung halaman, yang mendasari pengajuan cuti di tengah musim mudik. Sebagai contoh kasus, misalnya ada PNS yang tinggal terpisah dengan istrinya karena penempatan kerja. Suatu saat istrinya akan melahirkan dan butuh kehadiran suami, maka suaminya yang PNS bisa mengajukan cuti keadaan penting ke atasan, untuk kemudian kembali ke rumahnya di luar daerah.

“Kalau memang ada kepentingan mendesak, misalnya istrinya akan melahirkan, atau ada keluarga yang sakit meninggal sebagainya itu boleh-boleh saja asal dapat cuti dari atasan,” ujar Sekretaris Umum BKN Supranawa Yusuf.(dtc/adm5)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.