Pj Bupati H Sandi Fahlepi Apresiasi Warga Kertayu Mampu Jaga Tradisi Kearifan Lokal

Penulis: - Rabu, 8 Mei 2024
Pj Bupati H Sandi Fahlepi Apresiasi Warga Kertayu Mampu Jaga Tradisi Kearifan Lokal
Pj Bupati H Sandi Fahlepi Apresiasi Warga Kertayu Mampu Jaga Tradisi Kearifan Lokal

Muba, Sumselupdate.com – Lestarikan kearifan lokal, ratusan warga Kecamatan Sungai Keruh terlihat sangat gembira saat berebut lemang bersama orang nomor satu di Kabupaten Muba Pj Bupati H Sandi Fahlepi, Rabu (08/05/2024).

Antusias dan keseruan warga terlihat ketika Pj Bupati H Sandi Fahlepi tanpa sungkan ikut bersama warga menikmati suasana sedekah lemang dan Ziarah Makam Puyang Burung Jauh di Desa Kertayu Kecamatan Sungai Keruh.

Bacaan Lainnya

Ramai suara warga diiringi gelak tawa minta Pj Bupati H Sandi Fahlepi untuk terus melempar Lemang tersebut. “Lempar lagi pak Bupati, lagi pak Bupati,”ungkap warga yang hadir.

Suasana sedekah rami (Bumi) ini dalam rangka pelestarian adat istiadat dan wujud syukur warga setempat atas nikmat yang Allah SWT berikan.

Terpantau, sejak pagi masyarakat Desa Kertayu sudah terlihat disibukkan dengan berbagai persiapan sedekah rami tersebut. Tidak ubahnya seperti mereka ingin menyambut hari raya, setiap rumah terlihat antusias membakar lemang.

Sebelum memasuki acara puncak yakni berebut lemang, masyarakat desa maupun wisatawan yang datang melakukan ziarah terlebih dahulu ke Makam Keramat Puyang Burung Jauh di Desa Kertayu.

Setelah ziarah selesai dilakukan, Sekitar pukul 15.30 WIB masyarakat berkumpul di rumah juru kunci makam untuk berebut lemang yang merupakan hasil dari buatan masyarakat Desa Kertayu sebagai simbol mengambil keberkahan.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi mengaku bangga dan sangat mengapresiasi warga desa Kertayu yang hingga saat ini mampu menjaga tradisi kearifan lokal.

“Alhamdulillah hari ini kami bersama masyarakat desa kertayu sudah melaksanakan sedekah bumi, tadi diawali dengan ziarah ke makam Puyang burung jauh, dilanjutkan dengan melempar Lemang sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas nikmat yang diberikan Allah SWT terhadap hasil panen yang menjadi sakral bagi masyarakat disini,”ungkapnya.

“Semoga masyarakat semakin bahagia, sejahtera damai di desa kertayu ini dan tidak ada halangan apapun dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Terima kasih kepada masyarakat desa kertayu hari ini yang telah menyambut kami dengan sangat antusiasnya walaupun kami pejabat baru di sini, Mereka begitu berbahagia tadi, sangat kompak dan kami merasa terhormat sekali dengan penyambutan masyarakat,”tandasnya.

Camat Sungai Keruh Dedi Suhendar SE MSi, mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga Tradisi Kearifan Lokal ini.

“Saya mewakili pemerintah kecamatan Sungai Keruh mengucapkan terima kasih kepada pak Pj Bupati telah hadir berbagi kebahagiaan bersama masyarakat sehingga kami sangat merasa bangga sekali Desa kami Kecamatan kami dikunjungi oleh Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi,”ungkapnya.

Hal senada, diungkapkan kades Kertayu Ratna Juwita, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi. “Saya bersama masyarakat desa kertayu akan terus menjaga dan melestarikan budaya ini,”terangnya.

Salah satu warga desa Kertayu Helwa (42) mengaku sangat bahagia, senang setiap tahun desanya bisa merayakan tradisi sedekah bumi ini. “Kami sebagai warga desa Kertayu senang nia dengan kegiatan sedekah rami, kami sangat berterima kasih atas kepedulian pak Pj Bupati Muba yang turut merayakan ini,” pungkasnya.(rel)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.