Pilkada Serentak, Deru Ingatkan TNI-Polri Harus Netral

PILKADA DAMAI-Silaturahmi dalam rangka Pilkada Damai di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 Bertempat Ballroom Hotel Harper Palembang, Kamis (13/8/2020) malam.

Laporan : Armiziwadi

Palembang, Sumselupdate.com-Gubernur Sumsel Herman Deru mengingatkan kepada TNI dan Polri untuk bersikap netral pada Pilkada serentak 2020. Selain itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) juga diminta untuk menjaga dan menciptakan kondisi yang kondusif.

Bacaan Lainnya

“TNI dan Polri harus bersifat netral dan sudah ditegaskan oleh Pangdam II/Sriwijaya dan Kapolda Sumsel. Di sini juga saya mengimbau ASN untuk menjaga suasana politik yang kondusif. Meski ASN mempunyai hak pilih,namun harus tetap menjaga situasi dan kondisi yang kondusif,” kata Herman Deru dalam acara silaturahmi Pilkada Damai di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 Bertempat Ballroom Hotel Harper Palembang, Kamis (13/8/2020) malam.

Deru juga menghmbau kepada semua masyarakat untuk saling bekerja sama mensukseskan Pilkada serentak tahun 2020, sesuai dengan tugas dan fungsi di bidangnya masing-masing.

“Pemilu adalah sarana untuk memilih pemimpin atau wakil rakyat yang merupakan pilihan dari rakyat. Demokrasi bukanlah hal sempurna tetapi ini adalah yang terbaik saat ini maka kita harus menyempurnakan prosesnya,” tegas dia.

Deru melanjutkan, salah satu syarat dalam perjalanan demokrasi agar terpilih pemimpin yang baik adalah tidak adanya konflik. kepatuhan berkaitan dengan hukum, sementara kepatutan berkaitan dengan norma, adat-istiadat dan sebagainya.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi menegaskan, penyelenggaraan pesta demokrasi tahun ini harus berlangsung damai dan kondusif.

“Keberhasilan Pilkada merupakan barometer kedamaian suatu daerah, dan Provinsi Sumatera Selatan merupakan provinsi yang Zero Konflik. Untuk itu perlu selalu menjaga silaturahmi yang baik antar Kepala Daerah, Forkopimda, partai politik maupun masyarakat,” tegas Pangdam.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri menyampaikan, Pilkada tahun ini berbeda dari sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19, dan hal ini tentunya ada protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

“Selain itu kita juga menghadapi Karhutla, tentunya kerja sama yang selama ini sudah terjalin dengan baik merupakan kunci keberhasilan agar Pilkada tahun ini berjalan dengan kondusif dan damai,” beber dia.

Ketua Pelaksana Ahmad Najib, SH, MM, menambahkan, Pilkada serentak tahun 2020 digar di Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kabupaten Musirawas, dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

“Tujuan dari kegiatan ini terwujudnya Pilkada yang berkualitas, bermartabat, langsung, umum, rahasia dan adil, serta mendukung terciptanya kedamaian,” tutup dia. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.