Petani Apresiasi Pembangunan Jitut di Desa Air Lesing

Bupati Mura Ir H Hendra Gunawan saat meninjau Pembangunan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut) di Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti, Selasa (5/1/2020).

Laporan : Marwan Ashari

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Bupati Musi Rawas (Mura) Ir H Hendra Gunawan meninjau secara langsung Pembangunan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut) di Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti, Selasa (5/1/2020).

Bacaan Lainnya

Pembangunan dilakukan menggunakan dana APBD Pemkab Mura tahun 2020. Hadir mendampingi, Kadis Pertanian Zuhri Syahwal, Plt Camat Muara Beliti Dicky Zulkarnain, Kepala Desa dan para petani Desa Air Lesing.

“Saya berharap, Jitut ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat khususnya untuk memberikan akses pengairan ke sawah milik petani. Peran aktif masyarakat sangat penting dalam pemeliharaan dan perawatan pembangunan yang ada,”ucap Bupati Mura, Ir H Hendra Gunawan.

Sementara itu seorang petani, Ngadino b menyampaikan apresiasi dari para petani dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mura atas program pemerintah dalam membangun jaringan irigasi.

Hal ini sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi warga untuk melancarkan pengairan sawah, sehingga aliran air menjadi meningkat.

“Saluran irigasi ini sangat membantu dalam meningkatkan hasil panen dan para petani tidak lagi kesulitan untuk menggarap sawah akibat kekurangan air. Jika selama ini kami hanya bisa panen padi 2 kali dalam setahun, namun sekarang kami bisa panen 3 kali bahkan ada yang 4 kali dalam setahun tergantung varietas yang digunakan petani tersebut,” ucap Ngadino.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Zuhri Syahwal menjelaskan selama tahun 2020 ini, pembangunan Jitut dibangun menggunakan APBD berada di 11 lokasi, dan Jitut yang dibangun menggunakan APBN berada di 10 lokasi. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.