Peserta Antusias Ikuti Webinar yang Digagas Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi membuka Suasana seminar web (webinar) yang mengambil tema ‘Apilkasi dan Peluang Kerja Fisika di Bidang Metrologi Legal’ yang digagas Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang, Selasa (14/7/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Peserta yang terdiri dari siswa serta lulusan SMA/SMK/MA, mahasiswa, tenaga pendidik, dan praktisi antusias mengikuti seminar web (webinar) yang mengambil tema ‘Apilkasi  dan Peluang Kerja Fisika di Bidang Metrologi Legal’ yang digagas Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang.

Webinar yang digelar di Ruang GPM FKIP Universitas PGRI Palembang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, Selasa (14/7/2020).

Bacaan Lainnya

Ada tiga nara sumber menyampaikan materi dalam webinar ini. Ketiganya adalah Suhufa Alfarisa, SSi, MSc yang merupakan UPT Metrologi Legal, Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Bangka Selatan.

Suhufa Alfarisa, Ssi, MSc menyampaikan materi mengenai metrologi merupakan ilmu yang membahas tentang alat ukur mengukur di bidang industri, perdagangan, dan ilmu pengetahuan. Instansi yang menaungi yaitu Kementerian Perdagangan.

Suasana seminar web (webinar) yang mengambil tema ‘Apilkasi dan Peluang Kerja Fisika di Bidang Metrologi Legal’ yang digagas Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang, Selasa (14/7/2020).

 

Nara sumber kedua Ketua Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang, Jumingin, SSi, MSi. Beliau menyampaikan materi berkaitan pengenalan ruang lingkup kerja dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari bagi para sarjana ilmu fisika.

Pemateri ketiga Rahmawati, MPd yang kesehariannya dosen Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang.

Rahmawati, MPD mengenalkan kepada para peserta mengenai konsep pengukuran dalam penerapannya dalam bidang matematika.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah berkenan untuk mengikuti kegiatan webinar ini dalam rangka menambah pengetahuan.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada nara sumber yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi kegiatan ini.

Ucapan sama disampaikan Rektor kepada dekan, ketua program studi, dan panitia yang telah melaksanakan kegiatan webinar ini.

Pada kesempatan itu, Rektor menegaskan terhitung tanggal 1 September 2020 Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang telah resmi berganti menjadi Fakultas Sains dan Teknologi.

Menurut Bukman, perubahan nama ini penting sekali dalam rangka mengubah image masyarakat yang kesannya menakutkan, sehingga dengan perubahan nama ini kecintaan masyarakat dalam bidang Sains dan Teknologi menjadi meningkat.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi membuka Suasana seminar web (webinar) yang mengambil tema ‘Apilkasi dan Peluang Kerja Fisika di Bidang Metrologi Legal’ yang digagas Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang, Selasa (14/7/2020).

 

Di samping itu Rektor mengemukakan bahwa Universitas PGRI Palembang mempunyai perhatian yang sangat besar bagi masyarakat yang kurang beruntung dalam ekonomi, akan tetapi mempunyai kemauan untuk belajar khususnya dalam bidang fisika.

Bentuk perhatian tersebut diimplementasikan berupa pemberian beasiswa terbatas atau kuliah gratis.

Kegiatan pemberian beasiswa ini telah berlangsung dua tahun dan sekarang masuk di tahun ketiga dengan kuota 15 orang. Selain itu juga ada penawaran kuliah SPP 50% dari awal perkuliahan hingga selesai studi.

Sementara itu, Dekan Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang, Dr Syaiful Eddy, MSi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas PGRI Palembang yang telah memfasilitasi kegiatan webinar ini.

Kegiatan webinar ini, menurut Syaiful Eddy sangat bermanfaat bagi para peserta dalam menambah pengetahuan, khususnya dalam  bidang metrology.

Di samping itu webinar ini sebagai media sosialisasi dan promosi atas keberadaan Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang.

Syaiful Eddy mengucapkan terima kasih kepada Rektor sebagai Ketua Senat Universitas PGRI telah memutuskan di rapat senat dalam hal penggantian nama Fakultas MIPA menjadi Fakultas Sains dan Teknlogi.

Sedangkan dalam laporannya, Ketua Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang, Jumingin, SSi, MSi menjelaskan, webinar ini diikuti 90 peserta yang terdiri dari para siswa SMA/SMK/MA negeri dan swasta, alumni SMA/SMK/MA, mahasiswa dan alumni, para pendidik (guru dan dosen) serta praktisi.

Peserta serius mengikuti seminar web (webinar) yang mengambil tema ‘Apilkasi dan Peluang Kerja Fisika di Bidang Metrologi Legal’ yang digagas Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang, Selasa (14/7/2020).

 

Jumingin menjelaskan para peserta datang dari SMAN Prabumulih, SMAN Belimbing Muaraenim, SMA Meranti Pedamaran, SMKN Suak Tapeh Banyuasin, SMAN 1 Sembawa Banyuasin.

Kemudian,  SMAN 1 Simpang OKU Selatan, SMPN 11 Palembang, SMPN 1 Pampangan, Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Itera, Institut Tenologi Yogyakarta, Univ Dehasen Bengkulu, Universitas Islam Kalimantan, Universitas Muhammdyah, Universitas Sahid Surakarta, SGB.

Peserta datang juga dari alumni PS Fisika di BNI Bangka, SMKN OKU Selatan, UPT Kebun Raya Liwa, alumni Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang yang telah bekerja sebagai PNS guru di Bangka Barat dan Muaraenim.

Selanjutnya peserta juga bekerja sebagai Leader Technical Auto 2000; manajer hotel, karyawan BNI di Bangka hingga karyawan di PT Surveyor Indonesia.

Dikatakan Jumingin, webinar ini sangat penting, sebab selain membuka wawasan dan pengetahuan peserta tentang penerapan ilmu fisika dan peluang kerja, khususnya di bidang metrology.

Webinar ini tambah Jumingin, sekaligus sosialisasi keberadaan Fakultas MIPA khususnya Prodi Fisika di Universitas PGRI Palembang.

“Kita berharap dengan mengikuti webinar para peserta memiliki ketertarikan dalam mempelajari ilmu fisika dan penerapannya khususnya bidang metrologi,” harap Jumingin. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.