Pertamina: Elpiji dan BBM Aman Saat Musim Mudik

General Manager PT Pertamina MOR II Sumbagsel, Herman M Zaini

Palembang, Sumselupdate.com – Pertamina kembali memastikan stok kebutuhan BBM untuk pemudik dan elpiji, akan tercukupi selama masa persiapan lebaran maupuan pasca lebaran 1437 Hijriah 2016. Pertamina juga minta agar SPBU terus memantau stok agar tidak terjadi kekosongan.

General Manager PT Pertamina MOR II Sumbagsel, Herman M Zaini, Senin (4/7) mengatakan, terkait kesiapan lebaran, Herman menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan persediaan BBM, elpiji, dan sebagainya semaksimal mungkin.

Bacaan Lainnya

“Semua kita pastikan akan cukup, jelang lebaran ini, yang kami prediksi konsumsi premium terus akan meningkat sesuai kepadatan, namun untuk solar diprediksi menurun karena banyak perusahaan libur” ucapnya.

Untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan pada saat arus puncak, Pertamina telah menyiapkan stok BBM sesuai dengan prediksi kebutuhan.

Sesuai prediksi, puncak arus mudik pada H-4 dan arus balik pada H+4 juga. Prediksi ini karena dimungkinkan sesuai dengan hari libur dan cuti bersama.

“Kami siapkan pasokan premium di Sumatera Selatan hingga 3.348 kiloliter per hari dari rata-rata normal 1.960 kiloliter per hari. Untuk prediksi saat puncak arus mudik dan arus balik akan ada kenaikan persentase hingga 171 persen,” urainya.

Lalu untuk solar, pada puncak arus mudik diprediksi ada penurunan konsumsi yakni 1.058 kiloliter per hari dari rata-rata normal 1.140 kiloliter per hari.

Sementara Pertamax juga ada prediksi peningkatan penggunaan yakni mencapai 139 KL per hari dari rata-rata 89 KL per hari.

Untuk Pertalite ada prediksi kenaikan 139 KL per hari dari rata-rata normal 136 KL per hari. Pihaknya mengimbau agar masyarakat terutama pemudik tidak khawatir karena semua SPBU di jalur lintas akan beroperasi 24 jam.

“Kami kan berlakukan semua SPBU di jalur mudik, utamanya di jalur mudik lintas timur wajib buka 24 jam. Kami sudah pasang spanduk di setiap SPBU agar berlakukan hal ini. Kami juga pasang rambu-rambu pemberitahuan sekian meter sebelum SPBU agar pengemudi bisa langsung memahami dan mengetahui keberadaan SPBU tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, untuk elpiji 3 kg disiapkan lebih dari 609 matriks ton per hari dan untu elpiji 12 kg disiapkan 37 matriks ton per hari.

“Jadi dengan kesiapan seperti ini, diharapkan masyarakat bisa nyaman untuk mudik serta tidak was-was kalau gas elpijinya tidak ada di pasaran,” ungkapnya. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.