Peringati Hari Rabies Sedunia, Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Selatan Vaksin Hewan Gratis

Kegiatan vaksin gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Selatan dalam Rangka memperingati hari rabies sedunia. Selasa (28/9/2021).

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Dalam rangka memperingati hari rabies sedunia Dinas perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Selatan, lakukan vaksinasi gratis pada hewan, Selasa, (28/9/2021).

Read More

Kegiatan yang semula berpusat di UPTD Balai Pembibitan Ternak Desa Pelangki, Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan, di pindah di halaman utama rumah pribadi Kepala Desa Pelangki tersebut, disambut positif oleh warga sekitar.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Selatan Syukri, kepada Sumselupdate mengatakan, kegiatan vaksinasi gratis terhadap hewan tersebut, digelar guna memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September 2021.

“Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia (Word Rabies Day/WRD), hari ini kita dari Dinas Perikanan dan Peternakan mengadakan vaksinasi gratis bagi hewan dengan mengangkat motto ‘Mari Bersama Cegah Rabies’,” ujar Syukri.

Alhamdulilah, dilihat dari animo masyarakat sekitar yang hari ini hewannya mengikuti vaksin gratis cukup tinggi, tercatat total sebanyak 61 hewan yang sudah dilakukan vaksin. Dimana terdiri dari hewan seperti anjing sebanyak 39 ekor dan kucing sebanyak 22 ekor,” ungkapnya.

Lanjut sambung syukri, ada beberapa jenis hewan yang menjadi sasaran pada vaksin gratis ini, di antaranya seperti anjing, kucing dan monyet. Karena tiga jenis hewan tersebut yang mayoritas dipelihara oleh warga.

“Kita berharap dengan kegiatan ini, dimana sesuai dengan motto ‘Mari Bersama Cegah Rabies…!!!’ Artinya resiko tertular seperti gigitan anjing gila tidak berdampak fatal bagi masyarakat,” ucapnya.

“Kita berharap kepada pemerintah di wilayahnya masing-masing seperti kepala desa dan kelompok buru lainnya, yang berada di OKU Selatan, untuk aktif dalam kegiatan ini, silahkan kirimkan surat bisa melalui kepala desa masing-masing ataupun kelompok buru lainnya, dan ditujukan kepada kami, Dinas Perikanan dan Peternakan, jika ingin di lakukan vaksin gratis terhadap hewan peliharaannya, kami dari Dinas Perikanan dan Peternakan dengan tangan terbuka dan jemput bola kelapangan terhadap permintaan tersebut,” terang Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Syukri.

Sementara Kepala Desa Pelangki Heriyanto sangat bersyukur karena sejauh ini belum ada masyarakat yang terkena gigitan hewan buas seperti ‘anjing gila’.

“Saya juga sangat berterimakasih kepada pemerintah OKU Selatan dalam hal ini Dinas Perikanan dan Peternakan, yang sudah berperan aktif jemput bola ke lapangan.

“Saya juga jujur merasa bersyukur, karena desa kami (desa pelangki) yang pertama untuk dikunjungi, berharap ke depan program program baik seperti ini untuk selalu dipertahankan guna mencegah tertularnya penyakit rabies terhadap masyarakat sekitar,” pungkas Kepala Desa Pelangki, Kecamatan Muaradua Heriyanto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati OKU Selatan yang diwakili oleh Asisten II, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan dan sejumlah pejabat di lingkungan Dinas, Pemerintah Desa Pelangki beserta perangkatnya, serta masyarakat yang mengikuti vaksin bagi hewan peliharaannya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.