Perbaiki Infrastruktur, Gubernur HD Dorong Kabupaten PALI Menjadi Kawasan Segitiga Emas

Gubenur Sumsel Herman Deru menggelar rapat bersama Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terkait usulan program strategis pembangunan.

Palembang, Sumselupdate.com – Respon Gubernur Sumsel H Herman Deru, terhadap kemajuan Kabupaten dan Kota di Sumsel, tak main-main. Dimana respon tersebut  dibuktikan dengan akan  diberikannya  Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus) untuk pembangunan di Kabupaten dan Kota di Sumsel di  TA. 2021.

Hanya saja, untuk mendapatkan Bangubsus tersebut, Bupati dan Walikota harus mengusulkan sejumlah program strategis pembangunan yang menjadi prioritas dan bisa segera terselesaikan, sehingga membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Satu tahun belakangan, banyak anggaran yang harus dialihkan untuk penanganan Covid-19. Sehingga beberapa program pembangunan harus ditunda. Adanya Bangubsus ini tak lain untuk menutupi hal itu. Artinya pembangunan yang super prioritas dan prioritas dapat dilakukan dengan Bangubsus ini,” kata Herman Deru disela rapat bersama Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terkait usulan program strategis pembangunan di Kabupaten PALI.

Dia menjelaskan, pembangunan di 2021 ini akan terfokus pada tiga sektor, yakni pembangunan infrastruktur mangkrak, pembangunan yang menjadi pusat perhatian dan pembangunan sarana prasaranan yang bermanfaat dan memang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Untuk proyek mangkrak tersebut, dipastikan bisa selesai di tahun ini. Lalu pembangunan penting yang memiliki manfaat langsung. Baik program Pemprov, program Kabupaten atau kabupaten induk untuk kabupaten pemekaran. Kita serahkan usulan itu ke daerah, karena masing-masing daerah memiliki potensi berbeda,” terangnya.

Kendati begitu, usulan tersebut akan dilakukan verifikasi lanjutan sehingga penggunaan Bangubsus tersebut lebih efektif.

Seperti Kabupaten PALI yang disebut-sebut menjadi kawasan perlintasan dan salah satu daerah segitiga emas di Sumsel. Dimana Kabupaten PALI akan menjadi perlintasan ke berbagai Kabupaten dan Kota di Sumsel seperti Kabupaten Musi Banyuasin, Musi Rawas, hingga Kota Lubuklinggau.

“Ketika akses jalan sudah terbuka, tentu PALI ini akan menjadi segitiga emas. Untuk itu, Kabupaten PALI ini harus bersiap diri baik infrastruktur jalan dan jembatan maupun sarana prasarananya,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati PALI Heri Amlindo mengatakan, berbagai usulan program strategis pembangunan di Kabupaten PALI dipaparkan dalam rapat tersebut, seperti pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, bidang lingkungan dan penanggulangan bencana, Jalan dan jembatan dengan anggaran yang dibutuhkan senilai Rp256 Milyar.

“Untuk jembatan dan jalan ada tujuh item yang kami sampaikan. Mudah-mudahan pembangunannya dapat terlaksana sehingga akses masyarakat semakin cepat. Anggarannya senilai Rp113 milyar untuk pembangunan jalan dan jembatan itu,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.