Peralihan ke Musim Hujan, Waspada Cuaca Ekstrem

Palembang, sumselupdate.com –  Musim kemarau akan berakhir Oktober mendatang. Maka pada masa peralihan cuaca saat ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Sumatera Selatan mengimbau masyarakat untuk waspada.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumatera Selatan (Sumsel) Wandayantolis mengatakan, pada periode peralihan menuju musim hujan, masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dengan adanya perubahan cuaca yang signifikan.

Read More

“Saat ini sedang terjadi peralihan cuaca dari kemarau ke musim hujan. Terjadi hujan lebat, petir, dan angin kencang, maka diharapkan selalu membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar,” katanya, Senin (12/9/2022).

BMKG memprediksi peluang curah hujan di dasarian II September ini, curah hujan menengah 50-150 mm dengan peluang lebih dari 80% diprakirakan terjadi di seluruh wilayah Sumsel.

“Dengan curah hujan menengah ini, perkiraan hujan menjadi lebih sering, terjadi di hampir seluruh wilayah Sumsel,” katanya.

Pada September dasarian 1, curah hujan Rendah 0-50 mm masih terjadi di sebagian kecil OKI, sebagian kecil Muara Enim, sebagian kecil Palembang, sebagian kecil Banyuasin, sebagian kecil Musi Banyuasin dan sebagian kecil Lahat.

Sementara curah hujan Tinggi 150-300 mm terjadi di sebagian Musi Rawas, sebagian besar Lubuk Linggau, sebagian kecil Muara Enim, sebagian kecil Lahat dan sebagian kecil Banyuasin.

“Curah hujan tertinggi di Kecamatan Lubuk Linggau Timur I, Kota Lubuk Linggau (316 mm),” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.