Pentingnya Kampung KB di OKU, Berantas Kemiskinan dan Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Pembukaan Pembinaan dan Pengembangan Program Bangga Kencana Bersama Mitra Terkait, Tingkat Kecamatan Tahun 2021, di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji, Senin (27/09/2021).

Laporan: Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Kampung Keluarga Berencana (KB) tak hanya menekan jumlah penduduk semata, tapi lebih pada memberantas kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan dan Sumber Daya Manusia.

Read More

Pembangunan dilakukan seluruh sektor, mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sektor lainnya.

Hal itu terungkap saat Pembukaan Pembinaan dan Pengembangan Program Bangga Kencana Bersama Mitra Terkait, Tingkat Kecamatan Tahun 2021, di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji. (Senin,27/09/2021).

Dijelaskan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB)  OKU, Nanang Nurzaman, Kampung KB setingkat RW, dusun atau setara, dimana terjadinya keterpaduan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dilakukan secara sistemik dan sistematis.

Kampung KB mempunyai tujuan akhir meningkatkan fasilitas yang ada di desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Yah, melalui  program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Plh Bupati OKU H. Edward Candra, menaruh harapan yang besar, jika pembinaan Kampung KB ini bisa menjadi spirit baru seluruh elemen untuk bersinergi, saling mendukung, dan saling melengkapi antar sektor pembangunan, melalui berbagai program kegiatan yang terfokus pada arah perbaikan derajat kesehatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Keberhasilan Kampung KB diungkapkannya, sangat dipengaruhi lima faktor utama, antara lain, komitmen yang tinggi dari OPD dan kecamatan, serta pemerintahan tingkat kelurahan dan desa setempat, terintegrasinya program lintas sektoral dengan program KB dan pemberdayaan keluarga, fasilitasi dan dukungan dari segenap mitra kerja (stakeholders).

Selanjutnya, semangat dan dedikasi pengelola program di seluruh tingkatan, petugas lini lapangan KB dan partisipasi aktif masyarakat.

“Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak agar berkomitmen dan bekerja keras untuk mengaktualisasikan secara nyata pencapaian sasaran yang diharapkan dari terbentuknya Kampung KB ini secara terencana, terarah, dan berkesinambungan,” jelasnya.

Masih kata Edward Candra, program KB di OKU termasuk prioritas, yang perlu disertai dengan perhatian pada kualitas penduduk seperti program pengentasan kemiskinan, kesehatan dan pendidikan. Program KB mutlak masih sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Ini menjadi investasi jangka panjang yang tidak seketika dilihat hasilnya, namun merupakan upaya sistimatis dan terencana untuk membangun SDM yang berkualitas, pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan taraf hidup rakyat,” ucapnya.

Daam kesempatan ini, Plh Bupati OKU dan Ketua TP. PKK OKU Hj. Desy Kasnayati Edward Candra juga berkesempatan meninjau Rumah Data Kependudukan dan Kerajinan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKA) Kampung KB Gua Harimau. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.