Pemudik Perlu Waspada Daerah Rawan Longsor dan Pasar Tumpah

Ilustrasi Mudik

Palembang, Sumselupdate.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengingatkan para pengendara selalu waspada saat mudik lebaran terutama ketika melintas di jalur rawan longsor dan macet terutama pada saat arus puncak pemudik yang diprediksi terjadi di H-3 Hari Raya Idul Fitri 1437 hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Nasrun Umar di Palembang, Sabtu (3/7) mengatakan, titik-titik daerah yang rawan terjadi  longsor terdapat di beberapa lokasi seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Pagaralam, dan Empat Lawang.

Bacaan Lainnya

Nasrun menyampaikan di beberapa daerah tersebut, diharapkan para pemudik tetap selalu mengedepankan keselamatan pada saat mudik, sebab bila bersamaan dengan terjadi longsor akan menghambat perjalanan.

“Kewaspadaan harus haru menjadi yang utama bagi para pemudik, supaya perjalanan lancar hingga sampai tujuan,” kata dia.

Lebih lanjut ia menambahkan selain perlu mewaspadai daerah rawan longsor, juga perlu diwaspadai adalah titik rawan terutama daerah pasar tumpah di pinggir jalan, yang diprediksi akan terjadi dan selalu menjadi penyebab utam terjadinya kemacetan pada saat arus puncak terjadi.

“Umumnya di bererapa kecamatan di kabupaten ada pasar tradisional di pinggir jalan, biasanya pada saat mendekati lebaran ini orang yang melakukan aktifitas belanja meningkat sehingga besar kemungkinan terjadi kemacetan,” katanya.

Sebagai langkah yang akan dilakukan oleh jajaran dinas perhubungan Sumatera Selatan akan mengantisipasi dengan  menurunkan alat berat terutama di daerah rawan longsor disiagakan sejak 12 hari sebelum lebaran hingga pasca lebaran, meski dipredeksi lonjakan arus kendaraan penumpang mudik akan terjadi pada H-3 hingga H-2 sebelum Idul Fitri. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.