Pemprov Sumsel Pelajari Kenaikan Tarif Air Bersih PT ATS

Rapat Peninjauan tarif PT ATS

Palembang, Sumselupdate.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera menindak lanjuti terkait tentang pengajuan kenaikan tarif air bersih tahun 2016 yang dikelola PT Adhya Tirta Sriwijaya (ATS) yang wilayah pelayanannya meliputi Kecamatan Sukarami dan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

Sekretatis Daerah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan, tarif air bersih yang dikelola PT ATS ini memang sudah selayaknya dilakukan peninjauan ulang. Pasalnya, sejak tahun 2013 sampai saat ini belum dilakukan perubahan tarif.

“Pengajuan kenaikan tarif ini sudah kita terima dan ditindaklanjuti, untuk perhitungan sendiri sudah dilakukan antara PT ATS dengan Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Biro Ekonomi Setda Provinsi Sumsel,” ungkap Mukti Sulaiman saat memimpin rapat bersama pihak PT ATS di Ruang Rapat Setda Pemprov Sumsel, Kamis (28/7).

Lanjut Mukti Sulaiman, dengan kenaikan tarif yang diajukan, Pemerintah Provinsi Sumsel mengharapkan agar PT.ATS juga dapat meningkatkan kinerjanya baik dari peningkatan pelayanan dan kwalitas serta perluasan pelayanan hingga kebutuhan air bersih di dua kecamatan ini terpenuhi.

“Kita tau izin PT ATS sendiri akan berakhir 4 tahun lagi, kalau pelayanannya baik tentu akan kita perpanjang, yang terpenting kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” terangnya.

Sementara, Direktur Utama PT ATS Mudiarto mengatakan, proposal pengajuan kenaikan tarif ini sudah dilakukan sejak tahun 2015 lalu dan sudah dilakukan beberapa kali pembahasan dan penghitungan bersama Pemerintah Provinsi Sumsel.

Menurutnya, Kenaikan tarif ini diajukan karena meningkatnya indeks Inflasi, kenaikan harga energi, dan kenaikan gaji karyawan. Untuk Pengajuan sendiri hanya diberikan pada tarif dasar listrik yang digunakan. Selain itu, sejak tahun 2013 sampai saat ini pihaknya belum pernah melakukan penaikan tafir pelanggan.

“Tarifnya sendiri progresif mulai dari penggunaan 10 Meter Kubik pertama sampai diatas 30 meter kubik, jadi kenaikan rata-rata sekitar 15 persen,” ungkapnya.

Mudiarto menambahkan, saat ini cakupan pelayanan PT ATS sebanyak 15.000 lebih pelanggan, dan di tahun ini menargetkan peningkatan 1.000 pelanggan seiring dengan peningkatan pelayanan.

Pihaknya akan terus berusaha penuh meningkatkan pelayanan, di antaranya tahun ini saja akan melakukan penggantian pipa distribusi sehingga pelanggan yang belum mendapatkan pelayanan 24 jam akan segera terpenuhi.

“Kita akan berusaha semaksimal meningkatkan pelayanan baik servis maupun kwalitas, sampai saat ini dari 15.000 pelanggan hanya 20 persen yang belum mendapatkan pelayanan 24 jam,” pungkasnya. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.