Pemkab Lahat ‘Hitamkan’ 40 KM Jalan Desa

Jumat, 23 September 2022
Pemkab Lahat 'Hitamkan' 40 KM Jalan Desa

Laporan : A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Lebih kurang 40 Kilometer, akses jalan dari Desa Pulau Beringin, Nanjungan, Pagardin, Karang Caya, dan Beringin Jaya hingga Pintu Gerbang Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat kini telah diaspal hitam, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, wujud visi dan misi kepala daerah yang berkomitmen membangun dari pelosok desa hingga ke kota.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa (Kades) Pulau Beringin, Canip membenarkan, atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Lahat yang telah melaksanakan komitmennya untuk membangun dari desa, yakni mengaspal akses jalan utama.

“Alhamdulillah, Bupati Lahat, Cik Ujang SH telah memberikan sumbangsih dengan mengaspal dan juga mengecor beton terhadap jalan yang rusak, sehingga aktifitas masyarakat sehari-hari bisa lancar,” kata dia, Jumat (23/09/2022).

Dirinya mengemukakan, dengan telah diaspal hitam ini, tidak ada lagi jalan yang rusak serta berdebu ketika panas dan becek waktu hujan. Semuanya sangat membantu penduduk desa mengangkut hasil bumi, anak-anak ke sekolah dan kegiatan lainnya.

“Sebelumnya sudah dikerjakan pengecoran dikanan kiri jalan, kini diaspal maka sangat mulus dan licin sekali,” pungkas Canip.

Senada, Kades Nanjungan, Agung Saputra menuturkan, sepanjang akses jalan utama desa, kini telah diaspal dan atas nama Pemerintah Desa sangat mengapresiasi sekali, pembangunan yang dilakukan Pemkab Lahat.

“Kini tidak ada lagi jalan-jalan yang berlubang, penuh batu kerikil ataupun berdebu. Sepanjang jalan di Desa Nanjungan semuanya hitam, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh, sekaligus perhatiannya terhadap masyarakat yang tinggal di desa,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lahat, Mirza Azhary ST MT menerangkan, setidaknya ada 40 KM akses jalan yang diperbaiki dan diaspal. Terutama sekali, menuju gerbang KTM yang berlubang-lubang semuanya segera dibenahi supaya penduduk desa menjadi aman, nyaman dan kondusif ketika melintas serta beraktifitas baik ke kebun, sawah maupun institusi pemerintah.

“Hal ini, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM MBA, yang memang membangun dimulai dari pelosok desa baru ke kota,” jelasnya.

Ia mengemukakan, akses jalan yang ada di desa telah banyak dibangun maupun diperbaiki. Hal ini, untuk mewujudkan impian penduduk yang selama ini jauh dari infrastruktur yang memadai.

“Dan kini, mereka sangat berterima kasih, karena apabila hujan tidak perlu lagi menggunakan rantai semuanya telah lancar. Dan Dinas PUPR akan terus melanjutkan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Lahat,” tutup Mirza Azhary.

Sebelumnya, Bupati Lahat Cik Ujang SH mengatakan, sebagai bentuk komitmen dan janji politik sewaktu kampanye bahwa membangunan dari perbatasan atau dari ujung ke ujung.

“Wujud Komitmen Bupati Lahat untuk pemerataan pembangunan infrastruktur jalan sebagai bentuk pertanggungjawaban janji politik,” kata Cik Ujang. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.