Pemkab Banyuasin Gelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

Pemkab Banyuasin Gelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

Laporan : Arie Idwan Sujana

Banyuasin — Sumselupdate.com — Pemkab Banyuasin menggelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa¬†di Graha Sedulang Setudung, Selasa (19/04). Kegiatan ini diikuti sebanyak 288 Kepala Desa, Camat dan Kasi Pembinaan Pemerintahan Desa (PPD) Kecamatan.

Read More

Bupati Banyuasin, H.Askolani, SH.,MH secara langsung memonitori kegiatan yang dihadiri 200 Kepala Desa secara langsung dan 88 Kepala Desa via zoom. Workshop ini diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatera Selatan.

Tujuan dari workshop ini sendiri untuk pembinaan, pembekalan bagi semua penyelenggara pemerintahan desa di Kabupaten Banyuasin agar lebih tertib, transparan, akuntabel dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.

Dalam sambutannya, Askolani menegaskan tujuan baik dari workshop ini digelar, agar semua pemerintahan kecamatan dan desa bisa lebih maju lagi dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan.

Hadir sebagai narasumber Arniza Nilawati,SE,M.M. Anggota Komite IV DPD RI, yang membahas mengenai pokok keuangan dan sumber pendapatan Desa dalam rangka untuk membangun desa dan memulihkan ekonomi nasional.

Para Kepala Desa dan Perangkat Desa dituntut agar menjalankan revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk membangun desa secara bersama-sama. Selain itu, juga dituntut berkreativitas mencari potensi- potensi yang ada di desa serta membuka pemetaan potensi, pemetaan sumber daya alam, pemetaan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta melakukan pengembangan Desa wisata serta penguatan ketahanan pangan dan mencegah Santing.

Dalam forum regulasi Covid 19 didaerah harus diperbaiki. Mengenai BLT Bansos harus tepat sasaran dan data yang valid untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.