Pemerintah Sudah Transfer Rp143 Miliar untuk 227 Desa di Muba

Pembangunan infrastruktur melalui dana desa di Desa Bumiayu, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Muba, Kamis (26/5).

Sekayu, Sumselupdate.com – Kepala desa (kades) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mulai menjalankan sejumlah program, menyusul dana desa sebesar Rp143 miliar sudah ditransfer Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) pada 9 Mei 2016 lalu.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Muba melalui Kabid Teknologi Tepat Guna, Sahidi, SE, Msi, Kamis (26/5),  menjelaskan,  dana desa untuk Kabupaten Muba sudah ditransper oleh pemerintah pusat pada tanggal 9 Mei 2016.

Bacaan Lainnya

“Sudah ditransfer, pencairannya dua tahap yakni dengan persentase 60 %-40 %. Di Muba sendiri dana tersebut di bagi pada 227 desa,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Bumi Ayu, Kecamatan Lawang Wetan, Muba, Feri Supriyanto,  menyambut baik program dana desa.

Menurutnya, dana desa terbukti efektif membangkitkan semangat masyarakat dalam membangun desa.

“Selama 70 tahun Indonesia merdeka, desa yang awalnya hanya menjadi obyek pembangunan, kini bisa menentukan nasibnya sendiri,” kata Feri dihubungi Sumselupdate.com, Kamis, (26/5).

Feri  menuturkan, pada 2016 ini, desanya mendapat dana Rp500 juta. Dana itu digunakan untuk membuat infrastruktur jalan dan kebutuhan lainnya di desa.

Desanya sendiri sudah memulai menggunakan dana itu untuk membangun jalan dan kebutuhan lainnya.

Pastinya, kata Feri, pembangunan yang menggunakan dana desa benar-benar berasal dari bawah.

Ini berbeda dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) yang diselenggarakan pemerintahan sebelumnya. Ia berharap dengan dana desa, masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya. (est)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.