Pemerintah Larang Mudik saat Lebaran, Bandara SMB Tetap Beroperasi

Palembang, Sumselupdate.com – Aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang dipastikan tetap beroperasi meski Pemerintah secara resmi telah melarang mudik lebaran pada tahun ini untuk mencegah lonjakan kasus baru Covid-19.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto, mengungkapkan, pada prinsipnya pihaknya mendukung kebijakan Pemerintah melarang mudik lebaran namun pada saat yang sama bandara juga tetap memberikan pelayanan jasa aktifitas penerbangan.

Read More

Tommy mengatakan, penerbangan komersil tetap terbuka meski ada kebijakan larangan mudik. Bahkan, rute penerbangan kemungkinan akan bertambah dengan pengajuan salah satu maskapai untuk beroperasi di SMB II Palembang.

“Penerbangan komersial tetap terbuka, malah ini ada pengajuan dari (maskapai-red) Super Jet salah satu Lion Group. Artinya antusias airlines sangat tinggi, tapi saya tidak tahu load factor-nya seperti apa, karena sementara ini karena pandemi load factor dibatasi,” kata Tommy dalam keterangannya kepada wartawan di Palembang, Selasa (30/3/2021).

Menurut Tommy, pihak bandara tidak secara langsung terlibat dalam pengawasan penumpang terkait larangan mudik yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Secara teknis, pengawasan dilakukan oleh pihak maskapai untuk memastikan penumpang yang menggunakan jasa penerbangan adalah mereka yang memang diperbolehkan untuk berpergian dengan pesawat selama masa larangan mudik diberlakukan.

“Kami hanya bertugas memastikan kelancaran dan keselamatan penerbangan, untuk pengawasan terhadap penumpang dilakukan oleh maskapai. Biasanya ada surat tugas dinas yang harus divalidasi itu dilakukan oleh maskapai,” beber Tommy.

Tommy memastikan bandara tetap akan beroperasi seperti biasa selama masa larangan mudik lebaran. Sama seperti tahun lalu, pihak bandara juga akan mendirikan Posko Lebaran untuk memastikan kelancaran aktifitas penerbangan. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.