Pembinaan Usaha Kemplang Badak OCA Palembang Oleh Tim PKM Jurusan Administrasi Bisnis Polsri  

Tim Pelaksana Foto Bersama Mitra.

Palembang, Sumselupdate.com – Kota Palembang yang dikelilingi Sungai Musi dengan luas 750 km merupakan salah satu sumber daya alam yang bernilai bagi masyarakat.

Dengan luas Sungai Musi tersebut tentunya memiliki bermacam-macam jenis ikan sungai yang dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai bahan baku untuk membuat berbagai macam makanan khas seperti pempek dan kemplang.

Bacaan Lainnya

Pempek dan kemplang memiliki berbagai macam bentuk dan rasa dan merupakan produk-produk yang diminati oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Salah satu kemplang yang banyak diminati masyarakat namun memiliki nama yang kurang dikenal masyarakat yaitu Kemplang Badak. Kemplang Badak yaitu kemplang yang pengolahannya hampir sama dengan kemplang-kemplang lainnya, dengan irisan yang agak tebal, kemudian dipanggang.

Kemplang Badak memiliki rasa yang gurih, kering dan tidak berminyak.

Mitra kami adalah Kemplang Badak Oca yang dimiliki oleh Ibu Arni yang beralamat di Jl. K.H.M. Asyik Lr. Cek Ona 3 Ulu Palembang. Ibu Arni telah 11 tahun menekuni usahanya dengan memproduksi Kemplang Badak yang mana sebelumnya memang telah dilakukan oleh orang tuanya secara turun temurun.

Proses pembuatan dan pengolahan Ibu Arni melakukannya sendiri, namun dalam melakukan pemanggangan Ibu Arni mengajak orang lain untuk membantunya.

Bahan baku utama Kemplang Badak Oca yaitu tepung tapioka (sagu) dan ikan Delek. Hasil produksi Kemplang Badak Oca biasanya dibeli oleh orang untuk dikonsumsi sendiri dan untuk dijual kembali, dikarenakan harga yang ditawarkan tergolong murah.

Berdasarkan hasil wawancara Tim dengan mitra ditemukan beberapa permasalahan yaitu keuangan, produksi dan promosi.

Mitra tidak memiliki catatan keuangan dan menggabungkan antara modal, pendapatan dan biaya hidup.

Bahan baku kemplang Badak juga terbatas sehingga tidak ada peningkatan jumlah produksi sama sekali.

Kemudian peralatan produksi yang terbatas seperti pengiris kemplang, wadah penjemuran, dan arang untuk pembakaran. Mitra tidak pernah melakukan promosi dalam pemasaran kemplang Badak Oca.

Penyelesaian masalah mitra oleh Tim PKM Jurusan Administrasi Bisnis yang diketuai oleh Dr. Markoni Badri, MBA adalah sebagai berikut:

Ketua Tim Pelaksana Menyerahkan Catatan Keuangan.

1. Aspek Keuangan

Tim melakukan diskusi dan melakukan pembinaan kepada mitra yang selama ini dengan keterbatasan keuangan membuat mitra tidak memiliki catatan keuangan dalam usahanya.

Sehingga penggunaan modal dan untuk kebutuhan sehari-hari menjadi satu. Apabila hal ini terus berlanjut dikhawatirkan usaha mitra tidak dapat berkembang dan maju.

Oleh karena itu Tim pelaksana pengabdian ini membantu menambah modal keuangan dengan cara menyediakan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan kemplang Badak Oca ini. Bahan baku yang Tim sediakan adalah berupa Tepung Tapioka, Tepung Beras, Garam, Penyedap Rasa, daging Ikan Gabus.

Setelah Tim Pelaksana menyediakan bahan baku kemudian tim melatih mitra dengan membuat suatu catatan keuangan yang dapat digunakan mitra dalam perhitungan modal dan hasil yang didapatkan.

Sehingga mitra dapat mengolah keuangan dengan baik dan tidak menggabungkan antara modal dan kebutuhan sehari-hari. Berikut gambar Tim melatih mitra dalam membuat catatan keuangan.

Tim Memberikan Pelatihan Keuangan.

2. Aspek Produksi

Dengan melihat keterbatasan peralatan produksi maka Tim membantu mempermudah dan mempercepat proses produksi dengan menyediakan dan menambah beberapa peralatan dalam proses produksi.

Proses pemanggangan kemplang Badak Oca.

Peralatan yang disediakan Tim pelaksana adalah menambah alat pemotong kemplang, menmbah tempat tempat penjemuran kemplang, wadah berupa tampa penjemuran kemplang, arang untuk pemanggangan.

Dengan adanya penambahan alat yang disediakan mitra mampu membuat dan memproduksi kemplang dalam jumlah yang lebih banyak. Berikut gambar hasil proses produksi setelah pelaksana kegiatan pengabdian.

Kemplang Badan Oca siap jual.

3. Aspek Promosi

Tim terlebih dahulu membuat desain brosur dan kemudian akan membantu mempromosikan Kemplang Badak Oca melalui media sosial.

Desain brosur kemplang Badak Oca.

Tim PKM Penugasan Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya:

  1. Dr Markoni Badri, MBA
  2. Mariskha. Z, SE, MM
  3. Yulia Pebrianti, SEI, MSi
  4. Dr Neneng Miskiyah, SE, MSi
  5. Purwati, SE, MM
  6. Dr L Suhairi Hazizma

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.