Pelaku Curanmor di Tanggul Irigasi Diringkus Aparat Kepolisian

Pelaku curanmor diamankan Polsek BP Peliung.

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Satu dari dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berhasil diringkus aparat kepolisian. Pelaku yang beraksi di Jalan Tanggul Irigasi, Desa Negeri Agung Jaya, Kecamatan BP Peliung, OKU Timur, Senin (22/11/2021) lalu, keok didor Kapolsek BP Peliung.

Read More

Pelaku bernama Zulkarnain (21), yang merupakan warga Desa Pemetung Basuki, Kecamatan Buay Pemuka Peliung ini, tak berkutik setelah timah panas petugas menembus kaki pelaku yang mencoba kabur saat ditangkap.

Pelaku berhasil dìtangkap saat melintas di Jalan Tanggul, Desa Pemetung Basuki, Kecamatan BP Peliung, Rabu (24/11/2021) sekira pukul 22.30 WIB.

Informasi dari pihak kepolisian, pelaku Zulkarnain ini pada Senin (22/11/2021) sekitar pukul  10.23 WIB, telah melakukan tindak pidana curanmor bersama rekannya yang saat ini masih DPO.

Dìmana pada saat itu, korban Elisatya (20) warga Desa Negeri Bumi Putra, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan Lampung, melintas di Jalan Tanggul Irigasi.

Tepat di TKP, Korban dengan membawa motor Honda Beat mengalami kecelakaan, bersenggolan motor dengan Alvina Dwi Lestari (18), warga Desa Banumas, Kecamatan BP Peliung.

Barang bukti yang diamankan polisi.

Usai bersenggolan korban Elisatya dan saksi Alvina jatuh dari motor. Kemudian, karena Alvina seorang diri, ia meminta tolong dengan orang yang sedang melintas dijalanan saat itu.

Pada saat bersamaan, datanglah pelaku Zulkarnain mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion Merah bersama temannya.

Dengan berpura-pura menolong, pelaku langsung mengambil dan membawa motor korban ke arah Belitang. Sedangkan teman pelaku kabur ke arah Desa Saung Dadi, Kecamatan BP Peliung.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian mencapai Rp 16 juta dan melaporkan hal ini ke Polsek BP Peliung.

Menanggapi laporan tersebut, Kapolsek BP Peliung Ipda Jhoni Albert SH MSi, bersama tim Jagok Keamanan Warga (Walet) langsung melakukan penyelidikan.

Usai mendapatkan informasi, pelaku ingin melakukan transaksi jual motor hasil curian tersebut, Rabu (24/11/2021).

Kapolsek bersama tim Jagok Walet langsung melakukan penghadangan di jalan tanggul irigasi, Desa Pemetung Basuki tempat pelaku akan lewat.

Kemudian sekira pukul 22.30 WIB, pelaku Zulkarnain melintas di jalan tanggul irigasi tersebut, dan Kapolsek bersama tim Jagok langsung menangkap pelaku.

Karena berusaha kabur saat hendak ditanggkap, polisi memberikan tembakan peringatan terhadap pelaku.

Karena pelaku tak mengindahkan tembakan peringatan petugas, akhirnya Kapolsek BP Peliung itu langsung memberikan tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkan kaki pelaku.

Selanjutnya pelaku beserta barang bukti satu unit Motor Honda Beat berhasil dìamankan petugas. Bahkan motor yang digunakan pelaku saat beraksi yakni Yamaha Vixion Merah juga berhasil diamankan.

“Saat ini pelaku dan barang bukti telah kita serahkan ke Satreskrim Polres OKU Timur untuk penyelidikan lebih lanjut. Kemudian satu pelaku lagi sudah kita kantongi identitasnya, semoga dalam waktu dekat bisa kita tangkap juga,” ucap Kapolsek Jhoni Albert, Kamis (25/11/2021).

Kapolsek menembahkan, pelaku akan dìjerat dengan pasal 362 KUHPidana, tentang tindak pidana pencurian.

“Kita tak akan beri ampun bagi pelaku tindak kejahatan yang beraksi dìwilayah hukum Polsek BP Peliung. Jadi jangan pernah coba-coba,” pungkas Kapolsek. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.