Pelaku Begal Tertangkap di Jakarta, Akui Uang Hasil Rampokan Habis untuk Perjalanan Kabur

Tersangka HS digiring ke tahanan Mapolres Lahat setelah ditangkap di Setia Budi Kota Jakarta Selatan.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Seorang pelaku pembegalan terhadap kurir ekspedisi di Jalan Tebing Pakur, Desa Beringin, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil ditangkap dalam pelariannya di Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, SIK melalui Kasat Reskrim AKP Kurniawi H Barmawi yang disampaikan Kanit Pidsus Ipda Chandra Kirana mengatakan, pelarian pelaku berinisial HS terhenti, setelah beberapa kali pindah dalam pelariannya.

“Pelaku pembegalan pernah melakukan pelarian ke Lampung, kemudian ke Bangka dan terakhir di Jakarta Selatan, tempat pelaku ditangkap. Namun seorang pelaku lagi inisial A masih DPO, namun kami telah mengantongi identitas pelaku,” kata dia, Rabu (26/1/2022).

Dikatakan Chandra, jumlah pelaku yang melancarkan aksi pembegalan sebanyak dua orang, pelaku HS bertindak melempar kurir ekspedisi yang hendak mengantarkan barang pelanggan.

Namun saat di tengah jalan, dua orang pelaku menghadang dan spontan kendaraan  korban sempat berbelok, namun dilempar dengan pelaku HS menggunakan kayu, akhirnya korban jatuh.

“Kemudian pelaku A menembak punggung korban menggunakan senpi rakitan laras panjang, sehingga membuat korban tidak bisa berkutik. Pelaku membawa kabur uang dari pelanggan yang dipegang kurir sebesar Rp3,3 juta dan tas berisi HP, kemudian melarikan diri,” ujar dia.

Pelaku HS dan A setelah melancarkan aksinya kabur dan berpisah. Tersangka HS mengaku mendapatkan bagian Rp1,5 juta dari aksi kejahatan itu.

“Uang bagian saya Rp1,5 Juta, uang itu habis saya gunakan untuk melarikan diri. Saya cuma diajak, saya tengah duduk minum kopi, diajak A merampok, saya akhirnya ikut. Di jalan kami bertemu kurir itu dan langsung merampok dia,” tutur HS saat dimintai keterangan.

Untuk diketahui aksi pembegalan terjadi pada 16 September 2021 sekitar pukul 18.30 WIB.

Kemudian pada 5 Januari 2022 sekitar pukul 01.30 WIB, pelaku HS ditangkap di Setia Budi Kota Jakarta Selatan, saat ini pelaku HS ditahan di Polres Lahat untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.