Peduli Pencegahan Klaster Covid-19, Panca-Ardani Tiadakan Pawai Kemenangan

Panca Wijaya Akbar dan Wakilnya Ardani/dok.

Laporan: Henny Primasari

Inderalaya, Sumselupdate.com – Setelah dinyatakan menang pada Pilkada Kabupaten Ogan Ilir versi hitung cepat, Panca Wijaya Akbar dan Wakilnya Ardani, memilih menikmati kemenangan di posko pemenangan di Indralaya. Hal ini dilakukan demi mencegah klaster baru Corona di Ogan Ilir.

Read More

“Tidak ada (pawai kemenangan) sepertinya. Paling ngumpul di posko aja,” kata Arwin Novansyah, juru bicara tim pemenangan Panca-Ardani, Jumat (11/12/2020).

Biasanya sebelum pandemi Covid-19, paslon yang dinyatakan menang pun lewat hitung cepat, langsung merayakannya dengan menggelar pawai.

“Nggak lah (pawai),” tegas Arwin.

Berdasarkan hasil hitung cepat, paslon 1 pada Rabu (9/12/2020) petang pukul 19.00 WIB, suara masuk mencapai 100 persen. Hasil hitung cepat menunjukkan pasangan Panca-Ardani memperoleh 149.879 suara.

Sementara pasangan Ilyas-Endang memperoleh 85.373 suara. Dengan hasil ini, persentase kemenangan Panca-Ardani yakni 63,5 persen, sementara Ilyas-Endang 36,5 persen.

Sehari sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengimbau para paslon yang bertarung pada Pemilu di tujuh kabupaten kota di Sumatera Selatan, untuk tidak menggelar pawai kemenangan.

“Bagi paslon yang telah menerima hasil Pilkada atau sudah merasa menang, tidak boleh ada pawai,” kata anggota Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI, Rahmat Bagja saat menyambangi sekretariat Bawaslu Ogan Ilir di Indralaya, Kamis (10/12/2020) lalu. Larangan ini, kata Rahmat, karena saat ini masih masa pandemi Covid-19.

Dikhawatirkan, adanya kerumunan seperti pawai dapat menimbulkan klaster Corona yang baru.

“Jadi cukup bikin acara di rumah saja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Rahmat. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.