Pasangan Calon Akan Menjalani Tes Kesehatan di RSMH

Ketua KPUD Muba, H Ahmad Firdaus Marvel's, SE, MSi

Sekayu, Sumselupdate.com – Setelah pasangan calon semua mendaftar, KPUD muba akan segera melanjutkan tahapan selanjutnya yakni tes kesehatan pasangan calon di RSMH Palembang.

“Jadi mulai tanggal 24 hingga tangga 27 September 2016, pasangan calon akan melaksanakan tes tahapan kesehatan dan RSMH ditunjuk sebagai rumah sakit yang dirujuk untuk pasangan calon menjalani tes,” ungkap Ketua KPUD Muba Firdaus Marvel’s kepada Sumselupdate.com, Kamis (22/9/2016).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Firdaus, hal tersebut sudah sesuai dengan PKPU nomor 9 tahun 2016 di mana pada tes kesehatan, pihaknya telah menggandeng tiga lembaga untuk tahapan kesehatan mulai dari Jasmani nanti dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Rohani, dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan bebas narkotika oleh BNN Provinsi.

“KPUD Muba telah melakukan rapat koordinasi bersama direksi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Moh Hoesin Palembang, setelah pendafataran calon akan kita laksanakan tahapan itu,” tegasnya.

Oleh karenanya, bagi calon bupati dan wakil bupati, harus memenuhi tiga syarat dari tiga lembaga tersebut mulai dari sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

Di mana nanti dikeluarkan surat rekomendasi bersama oleh tiga lembaga itu dalam satu surat untuk pasangan calon.

Selain itu, perlu diingatkan, tegas Firdaus, untuk bebas narkotika nanti selain urine di tes, rambut serta darah juga akan dicek oleh pihak BNN Provinsi, sebab pihaknya tidak ingin kecolongan seperti kejadian pilkada serentak sebelumnya yang mana bupati terpilih tertangkap oleh BNN karena positif mengkonsumsi narkoba.

“Makanya dengan tes rambut dan darah biasanya tidak bisa dibohongi hasilnya, makanya siapa yang mengkonsumsi narkoba bagi pasangan calon bupati maupun wakil bupati akan ketahuan, nantinya sampel pasangan calon juga akan di bawah langsung ke pusat untuk di lakukan tes oleh BNN Pusat,” pungkasnya. (est)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.