Palembang Juga Diganjar Penghargaan dari Kemenkum HAM

H Harnojoyo menerima penghargaan.

Palembang, Sumselupdate.com – Pemerintah Kota Palembang kembali mendapatkan penghargaan, kali ini dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia sebagai kota peduli hak asasi manusia.

Penghargaan diserahkan Menteri Hukum dan HAM Yasona H Lauili kepada Walikota Palembang H Harnojoyo di Jakarta, pada Selasa (11/12).

Bacaan Lainnya

Menteri Yasonna menyebut bahwa penghargaan ini sebagai apresiasi negara kepada pemerintah daerah yang mengedepankan komitmen pemenuhan hak bagi warganya.

“Terutama hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan,” ujar Yasonna.

Dirinya berharap, penghargaan tersebut tidak membuat kepala daerah berpuas diri dan berhenti memenuhi hak masyarakat.

Justru, kata dia, dengan memberikan anugerah pada tahun ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kepala daerah dalam bekerja untuk menjaga nilai-nilai HAM. “Memotivsi untuk meningkatkan peran dan tanggungjwabnya dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan dan penegakan dan pemajuan HAM,” tukasnya.

Walikota Palembang H Harnojoyo mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan ini. “Ini sebagai wujud bahwa Palembang betul-betul memperhatikan hak asasi manusia, karena seluruh masyarakat Palembang harus mendapat perlindungan HAM,” ujar Harnojoyo.

Dengan ditetapkannya Palembang sebagai kota peduli HAM, lanjut Harnojoyo, akan berdampak terhadap kepercayaan para investor dalam berinvestasi di Palembang.

“Investor semakin yakin, tidak salah memilih Palembang sebagai kota tujuan investasinya, dengan demikian akan semakin banyak keuntungan didapat Palembang,” kata Harnojoyo.

Sementara itu, Kabag Hukum dan HAM Setda Kota Palembang Rahmat menjelaskan, Palembang mendapat total nilai 81,56 sehingga menyabet predikat kota peduli HAM. Serta dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, tercatat 409 telah berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait upaya pemenuhan hak dasar yang telah dilaksanakan.

Dari jumlah partisipan tersebut sebanyak 271 Kabupaten Kota meraih kategori peduli HAM, dan yang masuk kategori kabupaten/kota cukup peduli HAM ada 75 Kabupaten Kota. (syd)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.