Optimalisasi Program E Tahfizh Dompet Dhuafa Sumsel Lakukan Monitoring dan Evaluasi

Monitoring dan evaluasi program E Tahfizh School Dompet Dhuafa Sumsel.

Palembang, Sumselupdate.com – Untuk semakin mengoptimalkan pengelolaan dana zakat dalam mewujudkan penghafal Al Qur’an di program E Tahfizh School Dompet Dhuafa Sumsel, dilakukan monitoring dan evaluasi yang dipimpin langsung oleh Juli Siswanto selaku manajer E Tahfizh Pusat, pada Selasa (1/11/2022).

Tim monev diterima jajaran Dompet Dhuafa Sumsel dipimpin manajer program Dompet Dhuafa Sumsel, Penta Agustina. Dalam sambutannya, Penta berharap pelaksanaan program E Tahfizh Sumsel tetap dikawal oleh tim E Tahfizh pusat.

Bacaan Lainnya

“Berharap para santri semakin semangat untuk menjadi hafizh Qur’an, agar terwujud para hafizh Qur’an yang pemimpin peradaban,” ujarnya.

Juli Siswanto, dalam pemaparannya menyampaikan tujuan tim hadir. “Kedatangan kami dalam monev ini membawa agenda penataan dan optimalisasi kemitraan antara E Tahfizh pusat dan daerah sehingga kemitraan ini lebih terarah serta pengelolaan program E Tahfizh lebih optimal,” paparnya.

Dalam pertemuan tersebut Dompet Dhuafa Sumsel selaku pengelola program E Tahfizh Sumsel juga memaparkan laporan, evaluasi, & rencana strategis implementasi program E Tahfizh Sumsel tahun 2023.

Selepas pertemuan, tim monev berkunjung ke asrama santri di Jalan Bintan, Kota Palembang. Tim bertemu dengan Ustaz Lamudin, muhafizh program E Tahfizh Sumatra Selatan.

“Saat ini ada dua orang santri yang fokus di program tahfizh. Selain itu ada sekitar 40an orang santri yang dikelola lewat program pengajian rutin harian,” jelas Ustaz Lamudin memaparkan program yang selama ini diampunya.

Ia juga bercerita bahwa santri E Tahfizh Sumsel tidak hanya belajar Al Qur’an tapi terlibat dalam aktivitas kemasyarakatan.

“Selain menghafal, santri dibekali dengan keterampilan khotbah dan alhamdulillah santri sudah terbiasa menjadi khatib jumat di masjid sekitar asrama,” urainya.

Selepas pertemuan, tim monev menyampaikan beberapa rekomendasi kepada pengelola maupun muhafizh.

Monitoring dan Evaluasi (monev) merupakan agenda semesteran E Tahfizh sebagai salah satu mekanisme evaluasi program dan bentuk implementasi salah satu nilai Dompet Dhuafa yaitu perbaikan berkelanjutan (continuous improvement). (ahb)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.