Obyek Wisata Danau Ranau di OKU Selatan Resmi Kembali Dibuka untuk Umum  

Obyek wisata Danau Ranau di Kabupaten OKU Selatan secara resmi kembali dibuka untuk umum.

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Obyek wisata Danau Ranau di Kabupaten OKU Selatan secara resmi kembali dibuka untuk umum.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, obyek wisata di danau terbesar kedua di pulau Sumatera itu, sempat ditutup pada hari libur Natal dan Tahun Baru.

Dibukannya obyek wisata Danau Ranau ini dibuka secara resmi terhitung mulai Jumat (8/1/2021) berdasarkan surat edaran Nomor 306/017/PARBUD/2021.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalam hal ini Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B Commerce resmi mengaktifkan atau membuka obyek wisata Danau Ranau bagi masyarakat terhitung mulai tanggal 9 Januari 2021.

Meski demikian, ada beberapa ketentuan yang dibakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, yakni bagi Kepala UPT Pengelola Kawasan Wisata Danau Ranau, Kepala BUMN/BUMD, dan Pengusaha kepariwisataan agar mewajibkan kepada seluruh pegawai dan pengunjung di wisata untuk mematuhi protokol kesehatan.

Protokol kesehatan itu di antaranya seluruh pengunjung harus memakai masker, mengukur suhu tubuh, menyiapkan fasilitas cuci tangan bagi pengunjung wisata, dan menjaga jarak (physical distancing).

Terpisah, Sutaryo (45) selaku Ketua Kompas Ranau (Komunitas Peduli Alam Wisata Ranau) menyambut dibukanya obyek wisata tersebut.

Ketua Kompas Ranau (Komunitas Peduli Alam Wisata Ranau), Sutaryo.

Kendati demikian, Sutaryo memberikan beberapa kritikan untuk Pemkab OKU Selatan.

Dia berharap Pemkab OKU Selatan dan pihak terkait jika hendak melakukan penutupan obyek wisata harus direncanakan dengan matang dan tegas.

Tujuannya, menurutnya, agar tidak mengecewakan pengunjung yang sudah datang baik di dalam daerah maupun luar daerah dan tidak merugikan masyarakat atau pelaku UKM yang ada di Wisata Danau Ranau.

“Kami harapkan kepada pemerintah dan unsur terkait lainnya, lain kali jika akan melakukan penutupan obyek wisata harus direncanakan dengan matang dan tegas. Dengan telah dibukanya kembali obyek wisata Danau Ranau oleh Pemkab OKU Selatan, menunjukkan bahwa OKU Selatan bebas dari Covid-19. Namun demikian kita harus tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandei seperti sekarang ini,” kata Aryo Semendaway sapaan akrab Sutaryo.

Dirinya menambahkan Kompas Ranau akan berusaha membantu Pemkab OKU Selatan untuk mengingatkan para wisatawan/pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut.

“Pastinya dengan dibukanya obyek wisata Danau Ranau ini, tentu membuat para UKM yang ada di seputaran Danau Ranau akan normal kembali,” harap Aryo.

“Semoga saja kedepan tidak terulang lagi penutupan yang terkesan mendadak seperti kemarin, dan kita semua berharap pandemi segera cepat berakhir,” tandas Aryo Semendaway saat dihubungi Sumselupdate.com, Sabtu (9/1/2021) malam. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.