Objek Wisata Bukit Tungguan Tawarkan Pesona Alam yang Indah dan Asri

Penulis: - Sabtu, 22 Juni 2024
Objek wisata Bukit Tungguan area perkebunan teh Gunung Dempo di Afdeling III Muara Perikan.

Pagaralam, Sumselupdate.com – Jika Anda mencari tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam  indah dan asri, Anda bisa mengunjungi objek wisata Bukit Tungguan area perkebunan teh Gunung Dempo di Afdeling III Muara Perikan atau biasa disebut Kampung II, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan.

Objek wisata Bukit Tungguan ini merupakan salah satu destinasi baru yang dibangun di atas perkebunan milik PTPN I Regional 7.  Di lokasi ini Anda bisa menikmati suasana pegunungan yang tenang dan sejuk, sambil melihat hamparan kebun teh yang hijau nan luas serta bisa melihat Kota Pagaralam dari atas ketinggian dan menikmati sunrise dan sunset.

Bacaan Lainnya

Objek wisata kebun teh Gunung Dempo dibuka untuk umum sejak 18 Juni 2024 saat memasuki libur Hari Raya Idul Adha. Lokasi wisata ini berada di tengah-tengah hamparan pohon teh serta di atas area Gunung Dempo yang dinilai sangat strategis.

Untuk masuk ke objek wisata ini, Anda hanya perlu membayar karcis seharga Rp10.000 untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak dan parkir gratis. Di dalam objek wisata ini, Anda bisa berjalan-jalan di area tanaman teh.

Namun pengelola melarang pengunjung merusak tanaman teh dan di atas Gardu Pandang, pengelola juga menyediakan rumah teh, di mana pengunjung bisa bersantai sembari menikmati pemandangan dan mencicipi minuman teh khas Gunung Dempo yang bisa digunakan untuk berswafoto.

Objek wisata Bukit Tungguan ini merupakan salah satu upaya dari Pokdarwis Dempo Wisata Grup untuk mengembangkan potensi wisata di desa mereka. Selain itu, objek wisata ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kelompok pedagang UMKM.

Baca juga: Shalat di Ruas Jalan Objek Wisata Gunung Dempo Pagaralam, Dua Polisi Ini Tuai Pujian Netizen

Dengan adanya objek wisata ini, diharapkan bisa menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk berkunjung ke Bukit Tungguan tersebut dan mengenal budaya Pagaralam dan pemandangan yang menarik di Kota Pagaralam tersebut.

Pembina dan Penasehat Pokdarwis Dempo Wisata Grup, Wawan Alamsyah mengatakan, wisata ini tidak berhenti hanya pada peluncuran wisata Bukit Tungguan tersebut, namun harus terus mengembangkan agar wisatawan mau berkunjung di wisata Gunung Dempo yang diinisiasi pemuda dan  masyarakat Gunung Dempo dengan bekerjasama PTPN 1 Reg 7 kebun Pagaralam.

Baca juga: Pengamanan di Objek Wisata Gunung Dempo Ditingkatkan Selama Libur Lebaran

“Kami berharap wisatawan yang berkunjung  bisa menikmati hari liburannya dengan nyaman menjadikan objek wisata Bukit Tungguan menjadi destinasi wisata unggulan di Sumatera Selatan dan Indonesia,” katanya kepada Sumselupdate.com,  Sabtu (22/6/2024).

Lebih lanjut Wawan mengatakan, objek wisata yang ada di Gunung Dempo juara 1 pada Ajang Anugerah Desa Wisata Daerah Sumatera Selatan dan mewakili Sumsel di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia dengan nominasi 5 kategori yaitu

1. Daya Tarik Desa Wisata

2.  Amenitas

3. Digital

4. Kelembagaan dan SDM

5. Resiliensi

Wawan juga mengimbau pengunjung baik itu dari dalam maupun luar Kota Pagaralam agar menjaga kelestarian Gunung Dempo dengan tidak membuang sampah sembarang serta tidak merusak tanaman teh. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.