Nekat Curi Ban Mobil Tetangganya Sendiri, Akhirnya Jadi Begini..

Kamis, 5 Maret 2020
Tersangka Firdaus saat diinterogasi petugas.

Palembang, Sumselupdate.com – Firdaus diciduk anggota Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 134 Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Palembang di kediamannya, Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Firdaus telah melakukan pencurian ban mobil Jazz milik tetangganya Mariam Rahma (64) dan kini harus berurusan dengan pihak Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang.

Bacaan Lainnya

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono melalui Kanit Tekab, Iptu Tohirin mengegungkapkan, saat akan diamankan pelaku mencoba kabur dari anggota Tekab 134 sehingga diberikan tindakan tegas dengan menembak kaki kanan pelaku hingga tersungkur ke tanah.

“Benar pelaku kita amankan di rumahnya. Tapi saat diamankan pelaku mencoba kabur sehingga kita memberikan tindakan tegas dan terukur. Sebelum dibawa ke Polrestabes Palembang, terlebih dahulu kita membawa pelaku ke Rumah Sakit untuk mengangkat timah panas yang bersarang di kaki kanan pelaku,” ujarnya.

Pelaku diamankan lantaran terlibat pencurian dengan pemberatan (curat) bersama IW (DPO) pada 23 Desember 2019 lalu sekitar pukul 03.30 WIB, di mana korban merupakan tetangganya sendiri.

Namun saat akan melakukan pencurian ban mobil milik korban, pelaku ketahuan sehingga motor yang digunakan pelaku yakni Yamaha Mio J dengan nopol BG 4857 ZD bersama satu ban yang sudah dilepas dari mobil ditinggalkan begitu saja di Tempat Kejadian Perkara (TKP) lantaran pelaku takut dihakimi massa.

“Kemudian korban melaporkan kejadian ke SPKT Polrestabes Palembang, dari laporan itulah anggota kita melakukan penyelidikan dan penyidikan, sehingga berhasil mengamankan satu pelaku,” ujarnya.

Iptu Tohirin menambahkan untuk pelaku satunya yang berhasil kabur kini pihaknya sudah mengantongi identitas pelaku berinisial IW.

“Kita sudah mengantongi identitas pelaku, sehingga kita harapkan pelaku menyerahkan diri atau tidak kita jemput dan bila melakukan perlawanan ataupun kabur dari petugas kita tidak segan-segan memberikan tindakan tegas,” tegasnya.

Diketahui Firdaus (30) merupakan warga Lorong Langgar, Kelurahan Talang Kerangga, Kecamatan Ilir Barat (IB) II Palembang.

Sementara itu, pelaku Firdaus mengaku hanya diajak oleh temannya IW untuk melakukan pencurian ban milik tetangganya sendiri.

“Saya dipaksa untuk ikut melakukan pencurian ban mobil milik tetangga saya, kemudian tugas saya hanya melihat kondisi sekitar sedangkan IW mengeksekusi,” terangnya.

“Ban itu tinggal kami naikan ke motor saja tapi ketahuan korban dan takut diamuk massa kami terpaksa meninggalkan motor serta ban yang telah dilepas dari mobil ditinggalkan begitu saja dan kami langsung kabur,” ungkapnya. (tra)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.