Musrenbangcam Amen Dan Lebong Utara

Penulis: - Rabu, 7 Februari 2024
Pemerintah Kecamatan Amen dan Kecamatan Lebong Utara menggelar Musyawarah rencana pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam). Musrenbangcam Amen dan Lebong Utara dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Amen pada hari Kamis (1-2-2024) .foto;;[indra]

Lebong, sumselupdate.com – Pemerintah Kecamatan Amen dan Kecamatan Lebong Utara menggelar Musyawarah rencana pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam).

Musrenbangcam Amen dan Lebong Utara dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Amen pada hari Kamis (1-2-2024)

Bupati Lebong Kopli Ansori melalui Wabup Lebong Drs. Fahrurozi,M.Pd menyampaikan, Musrenbang tingkat Kecamatan sebagai salah satu sarana perencanaan pembangunan daerah yang bersifat Parsipatif.

Dimana kegiatan Musrenbangcam ini, melibatkan berbagai pemangku kepentingan masyarakat yang akan diberi ruang untuk terlibat dalam setiap proses tahapan perencanaan pembangunan daerah. partisipatif terhadap kelompok masyarakat yang rentan terpinggirkan dan aspirasi kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses dalam mengambil kebijakan.

Advertisements

“Untuk itu melalui Musrenbang Kecamatan, setiap usulan rencana kegiatan yang diusulkan haruslah yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi kepentingan masyarakat secara umum,” ujar Wabup.

Baca juga : Sosialisasi Peraturan Bupati Lebong Tentang Serapan DD/ADD Tahun Anggaran 2024

Lanjut Wabup menjelaskan, dengan mengusung tema ‘peningkatan dan pemantapan pembangunan sektor-sektor unggulan daerah menuju Lebong bahagia dan sejahtera’. Penetapan skala prioritas harus dilakukan, agar arah kebijakan pembangunan dapat berjalan efektif, efisien, serta sejalan.

Tak hanya itu, percepatan pembangunan daerah harus didukung oleh tiga pilar pembangunan, yaitu pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Ketiga pilar pembangunan tersebut diharapkan mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung percepatan dan pemerataan pembangunan. Sehingga, pembangunan daerah dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga : Bupati Lebong Resmikan Pasar Tradisional Modern Lebong

“Keberhasilan pembangunan daerah sangat dipengaruhi dari kualitas perencanaan serta kerjasama, dan sinergitas seluruh stakeholder dalam hal ini pemerintah, dunia usaha dan seluruh masyarakat. Dan pada akhirnya, keselarasan serta keterpaduan peran dan fungsi dari masing-masing pilar pembangunan menjadi dasar untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih jauh, setiap kegiatan yang disampaikan oleh masyarakat tidak dapat sepenuhnya diakomodir dalam APBD. Hal ini disebabkan oleh faktor keterbatasan keuangan daerah Kabupaten Lebong.

“Oleh karena itu, kami berharap, setiap usulan kegiatan yang disampaikan agar mempertimbangkan skala prioritas pembangunan daerah. Sehingga, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan benar-benar merupakan kebutuhan masyarakat,”

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lebong, Kadis PUPR-Hub Lebong, Kepala Bappeda Lebong, BPBD Lebong, Camat Amen, Camat Lebong utara dan para kepala Desa se-Kecamatan Amen dan Lebong utara. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.