MPR RI Bersama ESQ Leadership Center dan UT Kembangkan Modul 4 Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menerima pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian, di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Jakarta, Sumselupdate.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, dalam meyambut HUT ke-76 Indonesia, MPR RI bersama ESQ Leadership Center dan Universitas Terbuka (UT) akan menyelenggarakan tiga kegiatan penting.

MPR RI bersama ESQ Leadership Center akan mengembangkan modul 4 Pilar MPR RI, agar materi yang disampaikan dalam setiap Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bisa menarik, interaktif, dan dicintai masyarakat.

Bacaan Lainnya

Sehingga metode yang disampaikan tidak hanya sekadar ceramah tatap muka, melainkan dengan cara menarik. Termasuk menggunakan kuis, sebagaimana  dilakukan setiap pemaparan materi ESQ.

“Pada Agustus 2021 MPR RI bersama ESQ Leadership Center akan menyelenggarakan Kirab Remaja 4 Pilar MPR RI, melibatkan pelajar SMA dari berbagai provinsi, dari Sabang sampai Merauke. Sekaligus  menyelenggarakan Kirab Mahasiswa 4 Pilar MPR RI, melibatkan mahasiswa dari berbagai provinsi, dari Sabang sampai Merauke. Penyelenggaraannya dilakukan secara luring dari Menara ESQ, dan daring dari berbagai wilayah Indonesia. Menjadi simbol dan momentum untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda pewaris masa depan bangsa,” ujar Bamsoet usai menerima pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian, di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menambahkan, agenda penting MPR RI bersama ESQ dan Universitas Terbuka akan menyelenggarakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI terhadap 300 ribu mahasiswa dan civitas akademika Universitas Terbuka. Memecahkan rekor MURI sebagai sosialisasi 4 Pilar dengan peserta terbanyak.

“Melalui kerjasama MPR RI dengan ESQ, materi 4 Pilar MPR RI akan turut mengelaborasi Tujuh Budi Utama ESQ, yang terdiri dari nilai Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli.

Tujuh Budi Utama tersebut merupakan karakter penting yang ditanamkan pada setiap alumi ESQ, serta terbukti telah membawa perubahan positif bagi setiap alumni ESQ,” tegas Bamsoet.

Dikatakannya, Tujuh Budi Utama ESQ tersebut berusaha menjadi solusi untuk menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia, yang senantiasa disebabkan adanya nilai yang dilanggar.

Contohnya, korupsi karena kejujuran yang tidak diangkat tinggi, tugas yang terbengkalai karena masalah tanggung jawab tidak dipentingkan, perpecahan yang terjadi karena tidak adanya rasa persatuan, serta berbagai pelanggaran lainnya karena kedisiplinan yang lemah.

Menurut dia, kolaborasi MPR RI dengan ESQ akan membangun sumberdaya manusia Indonesia yang unggul.

Melalui penguatan kecerdasan intelektual (IQ/intelligence quotient), kecerdasan emosional (EQ/emotional quotient), kecerdasan spiritual (SQ/spiritual quotient), serta kecerdasan kebangsaan (NQ/National Quotien. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.