MotoGP Akan Pensiunkan Nomor 46 Valentino Rossi

Valentino Rossi yang menggunakan nomor 46 menjadi rider tercepat di Free Practice pertama MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, Doha, Jumat (8/3/2019). (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Jakarta, Sumselupdate.com – MotoGP memberi penghormatan untuk legenda motor dunia, Valentino Rossi. Nomor 46 milik The Doctor akan dipensiunkan dari kejuaraan dunia.

46 memang menjadi nomor ikonik buat Rossi. Eks rider asal Italia itu menggunakan nomor 46 sejak awal karier balapannya di MotoGP hingga pensiun pada akhir musim 2021.

Bacaan Lainnya

Rossi sukses meraih prestasi tertinggi dalam 26 tahun kariernya di dunia balap. VR46 berhasil menyabet sembilan gelar juara dunia di semua kelas, 115 kali memenangkan balapan, serta 199 kali naik podium.

Pencapaian gemilang Valentino Rossi turut diapresiasi MotoGP. Penghargaan spesial diberikan dengan mempensiunkan nomor 46 dari kelas primer MotoGP.

Upacara pensiunnya nomor 46 dijadwalkan berlangsung tepat sebelum sesi kualifikasi MotoGP Italia 2022, tepatnya tanggal 28 Mei mendatang. Rossi rencananya hadir langsung dalam acara tersebut.

“Nomor 46 akan dipensiunkan dari penggunaan di kelas MotoGP di Autodromo Internazionale del Mugello. Identik dengan Juara Dunia sembilan kali dan Legenda MotoG Valentino Rossi, nomor tersebut akan ditandatangani di Gran Premio d’Italia Oakley yang akan datang,” begitu isi pernyataan resmi MotoGP seperti dilansir detikSport.

Nomor 46 Valentino Rossi akan bersanding dengan nomor-nomor lain yang sebelumnya sudah dipensiunkan MotoGP. Penghargaan ini pertama kali diberikan untuk nomor 34 milik juara dunia asal Amerika Serikat, Kevin Schwantz.

Selain sebagai bentuk penghargaan atas prestasi gemilang legenda balap, MotoGP juga mempensiunkan nomor motor para rider yang tewas dalam perlombaan. Contohnya yakni nomor 58 milik mendiang Marco Simoncelli, serta nomor 48 kepunyaan almarhum Shoya Tomizawa.(dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.