Di Sirkuit Favorit Valentino Rossi, Nomor 46 Resmi Dipensiunkan

Nomor 46 Valentino Rossi resmi dipensiunkan (Getty Images/Mirco Lazzari gp)Baca artikel detiksport, "Di Sirkuit Favorit Valentino Rossi, Nomor 46 Resmi Dipensiunkan" selengkapnya https://sport.detik.com/moto-gp/d-6100014/di-sirkuit-favorit-valentino-rossi-nomor-46-resmi-dipensiunkan.Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Mugello, Sumselupdate.com – Nomor 46 milik Valentino Rossi akhirnya resmi dipensiunkan oleh MotoGP. Seremoninya pun spesial karena dilakukan di sirkuit favorit The Doctor.

Rossi jadi tamu istimewa di sela-sela Kualifikasi MotoGP Italia 2022 yang dihelat di Autodromo Internazionale del Mugello, Sabtu (28/5/2022) malam WIB.

Read More

Sebelum sesi tersebut dimulai, seremoni untuk memensiunkan nomor tersebut dilakukan oleh Presiden Federasi Motor Internasional (FIM) Jorge Viegas dan CEO Dorna Carmelo Ezpelata.

Viegas dan Ezpelata lantas memberikan trofi spesial berbentuk angka 46 yang begitu identik dengan Rossi. Setelah Rossi pensiun akhir musim lalu, nomor tersebut juga ikut diturunkan selama-lamanya dari MotoGP.

Dengan nomor itu pula, Rossi berhasil meraih 115 kemenangan dari 235 podium yang berujung sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya di kelas MotoGP.

Rossi jadi ikon MotoGP berkat prestasi luar biasanya tersebut. Maka dari itu, seremoni tersebut juga harus dilakukan di “rumah” Rossi, yakni Mugello.

Sebagai catatan, Rossi masih jadi penguasa Mugello dengan tujuh kemenangan dan tujuh pole position.

“Perasaan saya campur aduk. Dari satu sisi, saya sedih harus pensiun, berhenti membalap, dan nomor 46 menghilang dari MotoGP. Di satu sisi, saya merasa senang karena ini adalah sebuah cerita yang panjang dan banyak momen indah dalam karier saya yang tak terlupakan ini. Saya sangat bangga,” ujar Valentino Rossi di situs MotoGP.

“Hari ini juga menyenangkan, karena Mugello selalu jadi tempat spesial, ini adalah rumahnya MotoGP Italia, balapan kandang kami, dan juga bagus karena saya selalu mengenakan nomor 46 dari tahun pertama,” sambungnya.

“Nomor 46 berarti besar untuk saya, karena ini nomor yang dipakai ayah saya, Graziano, saat jadi runner-up di kelas 250cc. Saya senang karena ini jadi simbol saya, bukan sekadar nomor.”(dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.