Modus Tersinggung Pelototan Mata, Tiga Pemuda di Palembang Ini Rampok Motor

Kapolsek IB I Palembang Kompol Roy A Tambunan mengintrograsi dua pelaku begal sepeda motor, Rabu (27/7/2022).

Laporan: Diaz Erlangga

Palembang, Sumselupdate.com – Tersinggung saling pelototan mata, tiga pemuda di Kota Palembang nekat melakukan aksi pengeroyokan bahkan merampas sepeda motor korban.

Read More

Peristiwa itu terjadi tepat di depan SPBU di Jalan Demang Lebar Daun, Lorok Pakjo, Ilir Barat 1 Palembang pada Minggu (10/7/2022) sekitar pukul 01.30 WIB.

Nah, peristiwa begal sepeda motor menjadi atensi aparat kepolisian.

Dua dari tiga pelaku berhasil diringkus Tim Harimau Siguntang Satreskrim Polsekta Ilir Barat (IB) I Palembang pada pagi dari peristiwa tersebut.

Dalam penangkapan itu, satu dari kedua pelaku terpaksa mencium bumi, setelah kakinya ditembus peluru aparat.

Dua pelaku tersebut adalah Diki Restu Setiawan (21), warga Jalan Talang Kebanggaan, Lorong Langgar, kelurahan 30 Ilir, Kecamatan IB I Palembang, dan Aris (20), warga Jalan Rambutan Dalam, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat I Palembang.

Peristiwa perampokan sepeda motor ini berawal saat ketiga pelaku ini baru selesai mengisi BBM di TKP.

Salah satu pelaku tersinggung saat korban menatap pada saat sama sama mengisi BBM di SPBU Demang lebar Daun Palembang.

“Korban dengan para pelaku tidak saling mengenal, mereka ini sedang mengantre mengisi minyak di SPBU. Dan merasa tersinggung lalu saling pelototan,” ujar Kapolsek IB I Kompol Roy A Tambunan didampingi Kanit Reskrim Iptu Apriansyah saat press realese penangkapan, Rabu (27/7/2022) sore.

Setelah korban keluar dari SPBU, pelaku yang mengendarai sepeda motor Yamaha R15 ini langsung mengejar dan berhasil menghadang laju kendaraan korban tepat depan Bengkel Pass tak jauh dari SPBU.

Korban yang terjatuh lantaran dipepet pelaku, menggunakan peralatan seperti obeng dan kunci Inggris, mengeroyok korban.

“Korban langsung diserang setelah pelaku memepet motornya. Dipukul dengan kunci inggris dan pahanya ditusuk dengan obeng. Korban kemudian ketakutan dan tersangka Aris merampas sepeda motor dan kabur,” terang Roy.

Setelah menerima laporan korban, Unit Reskrim Polsek IB I Palembang langsung membekuk dua pelaku di tempat yang berbeda.

“Pelaku diamankan di tempat yang berbeda. Diki di rumah, dan Aris di sebuah penginapan di Puncak Sekuning dan melakukan perlawanan, kita lumpuhkan,” tambah Roy.

Beruntungnya, barang bukti motor milik korban dapat diamankan pada pagi harinya, saat baru melakukan transaksi yang kebetulan tak jauh dari rumah milik korban.

“Jadi sepeda motor korban itu baru akan dijual pagi usai kejadian dan saat COD diketahui oleh korban, pelaku berhasil kabur saat kepergok,” kata Kapolsek.

Akibat ulahnya, petugas menjerat para pelaku dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.

“Satu pelaku masih DPO, identitas sudah kita kantongi,” ujarnya.

Sementara itu, tersangka Aris mengakui jika sepeda motor Honda Beat Street milik korban akan dijual seharga Rp2,5 juta.

“Kami ketemu dengan korban pas ngantre ngisi minyak di SPBU. Yang sepelototan mato tuh kawan kami Agung. Kalau aku yang rampas motor dan nusuk paha korban dengan obeng. Rencana kalau laku duitnyo untuk beli handphone Pak, karena aku belum punya,” ucapnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.