Mendikbud Kenalkan 5 Platform Layanan Baru di RNPK 2016

Selasa, 23 Februari 2016
Mendikbud Anies Baswedan Pada Acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2016 (foto: Antara)

Depok, sumselupdate.com Mendikbud Anies Baswedan memperkenalkan lima platform baru layanan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kelima layanan itu berupa Sekolah Kita, Neraca Pendidikan Daerah, Statistik Pendidikan, Layanan Informasi, Pengaduan dan Saran, serta Jendela Pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2016, Minggu (21/2) malam.

Menurut Anies, Layanan Sekolah Kita berisi informasi sekolah berupa identitas sekolah, seperti profil, foto, lokasi, kualitas, akreditasi, serta indeks integritas. Sementara Neraca Pendidikan Daerah adalah gambaran mutakhir kondisi pendidikan di suatu daerah dengan melihat besaran anggaran di daerah dengan kondisi ketercapaian daerah tersebut.

Selanjutnya, Layanan Informasi, Pengaduan, dan Saran memperkenalkan laman Unit Layanan Terpadu (ULT) dan Statistik Pendidikan di Kemendikbud,

Anies lalu memperkenalkan Layanan Jendela Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai layanan untuk melihat pendidikan dan kebudayaan dari berbagai aspek dan sudut pandang, baik mengenai potret pendidikan, program pembangunan, serta sosial budaya dan bahasa.

Jendela Pendidikan dan Kebudayaan merupakan aplikasi yang bisa diunduh di telepon genggam pintar. Pada aplikasi ini ada fasilitas untuk mengakses informasi seputar pendidikan dan kebudayaan. “Harapannya nanti Jendela Pendidikan benar-benar dikembangkan jadi pusat informasi agar orang tua dan masyarakat bisa dapat informasi lengkap tentang pendidikan dan kebudayaan. Dan yang penting bisa menyampaikan informasi pendidikan dan kebudayaan lewar platform ini,” ujar Anies

Sementara itu, RNPK 2016 dihadiri oleh para Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dari seluruh Indonesia. Kegiatan yang berlangsung 21-23 Februari 2016 tersebut mengangkat tema “Meningkatkan Pelibatan Publik dalam Membangun Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan di Pusat dan Daerah” (shn).

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.