Mendagri: Kartu Identitas Anak Gratis

Jumat, 12 Februari 2016
Mendagri Tjahjo Kumolo

Jakarta, Sumselupdate.com

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) atau sering disebut KTP Anak, tidak dipungut biaya. Karena itu, masyarakat diimbau untuk menolak bila ada oknum petugas yang meminta sejumah uang untuk keperluan pendataan ini.

Bacaan Lainnya

“Sebenernya tidak dipungut biaya, gratis. Tapi kan kita paham, orang-orangnya tidak sama, ada yang pungut biaya dan lain-lain. Harusnya masyarakat menolak, ini kan gratis,” kata Tjahjo di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Tjahjo menambahkan, secara pelan-pelan Kemendagri akan melakukan pengawasan. Pihaknya akan mendata, membina, dan memberi pelatihan kepada petugas di tingkat kelurahan/desa dan kecamatan, tentang bagaimana memberikan pelayanan dengan baik ke masyarakat. Namun ini akan dilakukan secara bertahap.

Untuk itu, Tjahjo juga meminta agar masyarakat memberikan kontrol kepada para petugas di kelurahan/desa dan kecamatan bila mereka meminta bayaran untuk keperluan KIA ini. “Satu rupiah pun harus ditolak. Ini juga anggaran dari rakyat,” tegasnya. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.