Melirik Perkembangan SMKN 1 Lempuing Jaya, Mulai dari Motivasi, Peningkatan Sapras Hingga Prestasi

Jumat, 12 Mei 2023
SMKN 1 Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Ada begitu banyak perubahan yang dirasakan oleh siswa dan guru termasuk staf Tata Usaha (TU) SMKN 1 Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), saat Nafion SPd, M.Si menjabat di sekolah tersebut.

Perubahan itu mulai dari motivasi yang dirasakan oleh guru, siswa dan staf TU termasuk peningkatan sarana dan prasarana (sapras) di SMKN 1 Lempuing Jaya yang begitu drastis meningkat sehingga menambah keindahaan dan keasrian lingkungan SMKN 1 Lempuing Jaya. Dengan kondisi ini, tak heran sekolah ini sebagai satu-satunya sekolah yang diminati di Kecamatan Lempuing Jaya.

Begitupun dengan prestasi baik akademik maupun non akademik yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat dari grafik prestasi SMKN 1 Lempuing Jaya yang selalu menorehkan berbagai prestasi baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Bahkan pada tahun ini saja, sedikitnya ada 21 siswa yang diterima jalur prestasi atau undangan tanpa tes untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Disamping ada yang bekerja dan berwirausaha.

Dan dua orang siswa yang dinyatakan mendapatkan bea siswa dari Universitas yang ada di Yogyakarta.

“Dan kini, kami juga masih menunggu sejumlah informasi dari perguruan tinggi lain yang diikuti tes oleh siswa kita,” ujar Wakil Kepala SMKN 1 Lempuing Jaya, bidang kurikulum Lazimah, SPd, MPd saat dikonfirmasi wartawan Sumselupdate.com, via ponsel, Jum’at (12/5/2023).

Lazimah mengatakan dirinya menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum sejak Bapak Nafion menjabat sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 Lempuing Jaya untuk pertama pada tahun 2013.

“Memang Bapak Nafion periode 2008 hingga 2013 menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Lempuing Jaya. Lalu diperiode kedua ini menjabat kembali pada tahun 2020 hingga kini,” terang Lazimah.

Lazimah mengungkapkan Kepala SMKN 1 Lempuing Jaya, Bapak Nafion selama menjabat sangat mendukung semua kegiatan siswa, baik akademik maupun non akademik sehingga tak heran jika prestasi siswa meningkat dari tahun ke tahun.

“SMKN 1 Lempuing Jaya pada tahun 2022 menjadi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) dan kemudian pada tahun 2023 ini SMKN 1 Lempuing Jaya masih berlanjut menjadi sekolah SMK PK Lanjutan. Dan yang membanggakan adalah SMKN 1 Lempuing Jaya adalah satu-satunya, sekolah SMK di Kabupaten OKI yang menjadi sekolah SMK PK tersebut,” papar Lazimah.

Lebih lanjut dikatakannya, dukungan lain yang diberikan kepala sekolah untuk bidang akademik ini juga meliputi dari pembelajaran, sarana dan prasarana, mulai dari buku mata pelajaran, alat praktek siswa, termasuk motivasi langsung dari kepala sekolah.

“Dan kebetulan kepala sekolah kita, Bapak Nafion ini ramah anak. Dan sudah menjadi kebiasaan kepala sekolah setiap hari dua hingga tiga kali berkeliling meninjau kondisi setiap kelas dan berkeliling melihat para guru yang mengajar di kelas.     Ini juga strategi kepala sekolah sehingga pembelajaran berjalan dengan baik. Jadi siswa langsung dapat dialog dengan kepala sekolah terkait pembelajaran ini. Selain itu juga ada reward bagi siswa yang berprestasi baik prestasi akademik maupun non akademik,”tambah Lazimah.

Terpisah Fatwa Zulkifli salah seorang siswa kelas XI, jurusan Manajemen Perkantoran SMKN 1 Lempuing Jaya mengaku bangga dengan Kepala SMKN 1 Lempuing Jaya, Bapak Nafion SPd, M.Si.

“Kami bangga sebab bapak kepala sekolah, Bapak Nafion selalu memberikan semangat sebelum mengikuti lomba dan kami juga selalu mendapatkan reward baik dari sekolah maupun dari Bapak Kepala Sekolah secara pribadi. Baru-baru ini saya mendapatkan juara I, lomba pidato yang diselenggarakan oleh Alki, Karang Taruna Kabupaten OKI,” tuturnya.

Senada dengan Rumiyati salah seorang staf Tata Usaha (TU) SMKN 1 Lempuing Jaya yang mengungkapkan dukungan kepala sekolah untuk memajukan sekolah ini luar biasa.

“Banyak kebutuhan sarana dan prasarana belajar baik siswa maupun guru yang mengajar sudah banyak yang terpenuhi. Begitupun dengan fasilitas sekolah telah banyak yang berubah mulai dari taman sekolah, dan infrastruktur untuk praktek di setiap jurusan yang ada,” ungkapnya.

Wahyu Dwi Purnomo, ST, MPd, Wakil Humas SMKN 1 Lempuing Jaya menuturkan perkembangan SMKN1 Lempuing Jaya ini terus mengalami kemajuan baik prestasi akademik, non akademik hingga infrastruktur sekolah.

“Kami merasa bersyukur memiliki kepala sekolah seperti Bapak Nafion yang memiliki leadership yang baik, selalu memberikan motivasi tak hanya kepada para pegawai, guru dan staf termasuk juga memberikan motivasi kepada siswa yang ada di sekolah ini. Dan Bapak Nafion memiliki sikap yang tegas dalam mengambil setiap kebijakan untuk kemajuan sekolah, ini tentu merupakan kebanggan dan dapat menambah pengalaman dan pengetahuan bagi kami warga SMKN 1 Lempuing Jaya,”tukasnya. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.