Masyarakat Kecewa, Camat Lawang Kidul Tidak Hadiri Memediasi Warga Lingga dan PTBA

Koordinator Aksi Masyarakat Desa Lingga Amat Nangwi

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com — Masyarakat Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Muaraenim merasa kecewa atas ketidakhadiran Camat Lawang Kidul pada gelaran aksi masyarakat yang menuntut PTBA untuk segera merealisasikan Pokja Desa Lingga.

Bacaan Lainnya

Mereka menduga pihak kecamatan telah membuat pokja sendiri di luar kesepakatan sebelumnya.

Atas ketidakhadiran Camat yang seharusnya memediasi perkara ini, masyarakat meminta Pj Bupati Muaraenim, Kurniawan untuk memberikan teguran langsung terhadap Camat Lawang Kidul.

Koordinator Aksi Masyarakat Desa Lingga Amat Nangwi mengatakan, pihaknya akan memberitahu Pj Bupati dan Pj Sekda agar memberikan teguran tegas secara langsung ke Camat Lawang Kidul, Andrile Martin.

“Camat seharusnya menaungi masyarakat, memberikan solusi dan bukan malah sebaliknya dengan menghindar dari masyarakat. Kalau dia tidak mau jadi Camat, pindah dari sini, itu intinya,” tegas Amat Nangwi, Selasa (25/10/2022) kepada awak media di sela aksi masyarakat desa Lingga.

Lanjut, Amat Nangwi kalau Camat tidak bersama masyarakat, dan condong memihak perusahaan, ia menegaskan jangan ada di desa Lingga dan jangan ada di kecamatan Lawang kidul.

“Hari ini tidak hadir, sebelum aksi Camat tersebut selalu telat saat percobaan mediasi berlangsung. Kalau emang tidak bersama masyarakat dan condong memihak perusahaan, jangan ada di desa Lingga dan jangan ada di kecamatan Lawang kidul,” tegasnya.

Lebih lanjut, Amat Nangwi menegaskan gejolak yang ada lantaran tidak adanya ketransparanan perusahaan dalam perekrutan karyawan.

“Makanya terjadi gejolak seperti ini, kita sangat kecewa, perekrutan karyawan kepada kami tidak ada pemberitahuan ke masyarakat kami sedang orang lain keluar masuk tambang batu bara ini,” ujarnya.

Masih menurutnya, masyarakat desa Lingga, seolah tersisihkan hanya untuk training dan bekerja, non skill tentu akan sangat dipersulit.

“Kami meminta Pj Bupati untuk memberi himbauan maupun teguran langsung terhadap Camat kami ini, apakah ini Camat masyarakat atau Camat perusahaan, termasuk PTBA juga. Sekali lagi kami tegaskan ke Pj Bupati atau sekda secepatnya kami harap memberikan teguran,” pungkasnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.