Masih Luas, Pemakaman Khusus Covid Baru Digunakan 15 Persen

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Palembang, Affan Prapanca

Palembang, Sumselupdate.com – Dari lima hektar lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gandus, Pemerintah Kota Palembang menyiapkan 2 hektar khusus jenazah terduga dan terkonfirmasi Covid-19. Saat ini sudah tergunakan untuk 347 makam.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Palembang, Affan Prapanca mengatakan, TPU bagi jenazah kasus Covid-19 di Gandus, masih menyisakan lahan kosong. Lokasi pemakaman itu baru menghabiskan 500 meter, atau sekitar 15 persen dari luas keseluruhan.

Bacaan Lainnya

“Masih banyak yang kosong. Dari total luasan 2 hektare, tanah yang tersedia masih luas, sekitar seluas 1,5 hektar,” katanya.

Ia mengatakan, jika dihitung dari kapasitas tanah yang disiapkan Pemerintah Kota Palembang, lahan untuk pemakaman jenazah dengan prosedural Covid-19 baru terisi kurang lebih 15 persen. “Yang sudah terisi baru 347 makam sesuai rekomendasi Rumah Sakit yang bersangkutan,” katanya.

Berdasarkan ketersediaan tempat, sebenarnya lahan pemakaman di TPU Gandus Palembang masih sangat memadai. Namun keluarga jenazah tidak berkenan untuk menguburkan sanak saudaranya di sana.

“Pemkot memberikan kebijakan jika jenazah Covid-19 boleh dimakamkan selain di Gandus” katanya.

Untuk luas tanah dalam 1 hektar lahan yang ada di TPU Gandus Palembang, mampu mengakomodir 2.100 makam. Artinya, lokasi tersebut bisa digunakan untuk 4.200 makam.

“Masih sangat banyak lahan yang bisa dimanfaatkan menjadi makam. Kami tidak bisa memprediksi kapan kapasitas makam akan penuh,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.