Manfaatkan Perkarangan Rumah Untuk Bercocok Tanam

KUNJUNGAN-Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinsa melakukan kunjungan ke Kelompok Tani (Poktan) Jaya Makmur I, di Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Palembang, Selasa (11/8/2020).

Laporan: Syandi Fran Widido

Palembang, Sumselupdate.com-Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengimbau masyarakat untuk dapat memanfaatkan perkarangan rumah, sekaligus membiasakan diri untuk bercocok tanam, sehingga dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Fitrianti saat
melakukan kunjungan Kelompok Tani (Poktan) Jaya Makmur I di Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Palembang, Selasa (11/8/2020).

“Jika perkarangan di rumah kecil, namun kita rajin serta mau, itu bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman yang nanti bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya cabe atau juga bumbu-bumbu dapur,” ujar Fitrianti Agustinda.

Dia juga menyampaikan apresiasinya atas apa yang telah dilakukan oleh warga melalui usaha mandiri guna memenuhi kebutuhan pangan untuk dimanfaatkan.

“Saya sangat senang sekali, karena hari ini saya bisa melihat langsung apa yang sudah dikerjakan oleh kawan-kawan kelompok tani dalam mengembangkan bibit tanaman dan bibit ikan. Itu tentu tujuannya supaya kita swadaya pangan, mandiri secara pangan untuk memenuhi kebutuhan sendiri,” kata Fitri.

Selain di Kelurahan Talang Jambe, Fitri juga menyampaikan, ada 107 Kelurahan yang ada di Kota Palembang, mampu dan siap dalam pengelolaan swadaya pangan serta siap dalam pengembangan bibit.

“Apa yang dilakukan oleh kelompok tani yang ada di sini, tentu kita apresiasi sekali dengan sangat baik. Bukan hanya di Kelurahan Talang Jambe saja, bahkan di 107 Kelurahan yang ada di Kecamatan kota Palembang, semuanya harus dalam arti siap untuk swadaya pangan, siap untuk mengembangkan bibit,” ungkapnya.

Ia juga mengakui, bahwa dalam hal ini Pemerintah kota Palembang mampu mengakomodir semua keinginan dan harapan dari para kelompok tani.

“Dengan adanya kekuatan dari mereka, jelas mereka juga siap secara pangan untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Bencana apapun yang nanti akan kita alami, tetapi mudah-mudahan tidak ya. Tetapi seandainya nanti ada bencana lagi, tentu kita akan jauh lebih siap untuk menanggulangi kebutuhan kita, dalam arti mandiri secara pangan untuk memenuhi kebutuhan kita,” tutur Fitri. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.